Sydney Gelar Festival Tahun Baru Imlek Terbesar di Luar Asia, Tampilkan Budaya Indonesia

Anton Suhartono ยท Selasa, 21 Januari 2020 - 19:15 WIB
Sydney Gelar Festival Tahun Baru Imlek Terbesar di Luar Asia, Tampilkan Budaya Indonesia

Suasana Sydney Lunar Festival 2018 (Foto: AFP)

SYDNEY, iNews.id - Perayaan Tahun Baru Imlek terbesar di luar Asia akan digelar di Sydney, Australia, mulai Sabtu (25/1/2020). Kota pelabuhan itu menggelar Sydney Lunar Festival 2020 untuk merayakan masuknya Tahun Tikus.

Penyelenggara akan mengadakan lebih dari 100 acara selama 16 hari di seluruh Kota Sydney, termasuk pertunjukan, bazar, karnaval, instalasi seni, dan barongsai.

Untuk pertunjukan budaya, penyelenggara juga menyuguhkan penampilan dari berbagai negara termasuk Indonesia.

"Kami memanfaatkan beragam budaya di Sydney, termasuk China, Korea, Vietnam, Thailand, Indonesia, dan Malaysia, untuk menciptakan festival yang seru ini," kata Wali Kota Sydney Clover Moore, dikutip dari Xinhua, Selasa (21/1/2020).

"Dari tahun ke tahun, kami menyaksikan festival ini tumbuh, dari semula hanya acara komunitas kecil di pecinan hingga menjadi salah satu perayaan Imlek terbesar di dunia, jadi saya sangat menantikan perayaan festival Lunar Lanes kembali ke tempat ketika semuanya berawal 24 tahun silam," katanya, menambahkan.

Perayaan Imlek pada tahun lalu berhasil menarik hampir 1,5 juta orang dengan meraup pendapatan sekitar 42 juta dolar Australia sehingga acara ini menjadi bagian penting dalam kalender tahunan Sydney.

Di antara beberapa atraksi utama tahun ini adalah karya seni raksasa dari logam berbentuk tikus hasil rancangan Claudia Chan Shaw, desainer dan seniman kenamaan Australia.

Valerie Khoo, kurator festival yang juga seniman, mengaku sangat senang melihat betapa bagus perpaduan program-program yang beragam tersebut.

"Dari pesta jalanan pada malam pembukaan hingga pertunjukan tari komunitas dan lomba perahu naga yang populer di Darling Harbour, setiap orang pasti akan menemukan sesuatu yang disukai," ujar Khoo.

Selain itu ada pula 24 penampil dan musisi yang didatangkan dari China seperti Provinsi Shaanxi.

"Kami juga akan menyaksikan penampilan grup b-boy nomor satu di Seoul, MB Crew, yang tampil pada upacara penutupan Olimpiade Musim Dingin 2018 lalu," tuturnya.

Pameran Lentera Lunar, lanjut dia, diprediksi akan menjadi sorotan dengan 12 seni instalasi cahaya berukuran raksasa menggambarkan setiap hewan dalam zodiak China atau shio.


Editor : Anton Suhartono