Taiwan Resmi Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

Anton Suhartono ยท Jumat, 17 Mei 2019 - 12:57 WIB
Taiwan Resmi Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

Aktivis pembela hak gay berkumpul di luar parlemen Taiwan di Taipei menyusul pengesahan RUU pernikahan sejenis (Foto: AFP)

TAIPEI, iNews.id - Parlemen Taiwan menyetujui undang-undang (UU) yang membolehkan pernikahan sesama jenis, Jumat (17/5/2019). Pengesahan ini menempatkan Taiwan sebagai pemerintahan Asia pertama yang membolehkan pernikahan sesama jenis.

Isi UU memungkinkan pasangan sesama jenis di Taiwan untuk melakukan pernikahan ekslusif secara permanen serta pada klausul kedua membolehkan mereka mendaftarkan pernikahan ke lembaga pemerintahan, seperti dikutip dari AFP.

Pemungutan suara menunjukkan, mayoritas anggota parlemen memberikan dukungan setelah di menit-menit terakhir kubu konservatif mengubah haluan dengan menyetujui draft aturan yang lebih sederhana.

Ini merupakan kemenangan besar bagi komunitas LGBT di Taiwan yang selama bertahun-tahun menyuarakan kesamaan hak pernikahan dengan pasangan heteroseksual.

Pengesahan ini juga membuktikan Taiwan berada di barisan depan yang mengakomodasi hak-hak gay dan lesbian.

Dalam beberapa bulan terakhir, kelompok konservatif memobilisasi untuk menyingkirkan hukum rujukan apa pun tentang pernikahan sejenis. Mereka mengajukan RUU tandingan yang menawarkan aturan yang membatasi hubungan sesama jenis. Tetapi RUU itu harus berusah payah mendapat suara di parlemen.

Sementara itu ratusan pendukung hak-hak gay berkumpul di dekat parlemen di Taipei saat debat dan pemungutan suara. Mereka kemudian merayakan kemenangan hak-hak gay.


Editor : Anton Suhartono