Tak Cuma Sanksi untuk Nancy Pelosi, China Juga Beri 8 Tindakan Balasan untuk AS 

Umaya Khusniah · Jumat, 05 Agustus 2022 - 19:33:00 WIB
Tak Cuma Sanksi untuk Nancy Pelosi, China Juga Beri 8 Tindakan Balasan untuk AS 
China mengumumkan delapan tindakan balasan untuk Amerika Serikat (AS) atas perjalanan Pelosi ke Taiwan. (Foto: Reuters)

SHANGHAI, iNews.is - China mengumumkan delapan tindakan balasan untuk Amerika Serikat (AS) atas perjalanan Pelosi ke Taiwan. Padahal menurut China, Taiwan tak ada dalam agenda tur resmi Asia.

Hal itu disampaikan Kementerian Luar Negeri China dalam pernyataannya pada Jumat (5/8/2022). Dalam pernyataan tersebut, China menjatuhkan sanksi kepada Ketua DPR AS Nancy Pelosi

Sementara itu, delapan tindakan balasan untuk AS meliputi pembatalan panggilan telepon antara para pemimpin militer AS dan China, pertemuan kerja antara Departemen Pertahanan China dan AS, dan penangguhan kerja sama China-AS tentang imigran ilegal, pengendalian narkoba dan perubahan iklim.

"Ketua DPR AS Nancy Pelosi bersikeras mengunjungi wilayah Taiwan China. Ini merupakan campur tangan besar dalam urusan internal China," kata Kementerian Luar Negeri China dalam sebuah pernyataan.

Bagi China, tindakan Pelosi tersebut merusak kedaulatan dan integritas teritorial China. Pelosi juga dinilai secara serius menginjak-injak prinsip Satu-China, dan sangat mengancam perdamaian juga stabilitas di Selat Taiwan. 

"China memutuskan untuk menerapkan sanksi terhadap Pelosi dan anggota keluarga dekatnya sesuai dengan hukum yang relevan di Republik Rakyat China," tambahnya.

Beijing telah meluncurkan latihan militer besar-besaran di sekitar Taiwan setelah Pelosi mengunjungi pulau itu. Hal itu telah menentang peringatan China yang melihat Taiwan sebagai "provinsi yang memisahkan diri."

Pelosi merupakan Ketua DPR AS pertama yang mengunjungi Taiwan dalam 25 tahun terakhir. Dia memimpin delegasi anggota parlemen AS yang memulai perjalanan mereka dari Singapura pada Senin, dilanjutkan ke Malaysia dan ke Taiwan.

Dia meninggalkan Taiwan pada Rabu malam dan melanjutkan tur Asianya ke Korea Selatan dan akhirnya mendarat di Tokyo pada Kamis malam. Pelosi mengakhiri perjalanan empat negaranya di Asia untuk kembali ke AS pada Jumat sore.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda