Tambang Emas di Sudan Runtuh, 3 Tewas dan 10 Lainnya Terjebak

Nathania Riris Michico ยท Sabtu, 08 Desember 2018 - 12:15 WIB
Tambang Emas di Sudan Runtuh, 3 Tewas dan 10 Lainnya Terjebak

ILustrasi penambang emas di Sudan. (Foto: Saharab)

KHARTOUM, iNews.id - Sebuah tambang emas di Sudan utara runtuh. Perusahaan Sumber Daya Mineral Sudan (SMRC) menyatakan, tiga penambang tewas dan 10 lainnya terperangkap di bawah tana.

Insiden itu terjadi pada Kamis (6/12/2018) malam di Qabqaba, daerah penambangan emas utama di negara itu. Disebutkan, tiga lainnya terluka dalam kecelakaan itu.

Tambang emas merupakan salah satu sumber utama mata uang asing di negara miskin itu, dan sebagian besar dilakukan dengan menggunakan metode tradisional.

Negara ini menghasilkan sekitar 100 ton emas pada 2017, menurut data resmi Sudan.

SMRC, yang mengawasi sektor pertambangan negara itu, menyatakan tim penyelamat sudah melakukan kontak dengan para penambang yang terjebak.

"Pada saat pernyataan ini ditulis, ada 10 (penambang) yang terperangkap di dalam tambang dan mereka hidup," demikian isi pernyataan itu, seperti dilaporkan Reuters, Sabtu (8/12/2018).

Disebutkan, tim penyelamat dari perusahaan sedang bekerja untuk mengeluarkan mereka hidup-hidup. Tiga penambang yang terluka juga dikonfimasi berada dalam kondisi baik.

"Perusahaan menegaskan perhatiannya terhadap keselamatan semua pekerja di pertambangan dan mendesak mereka yang bekerja di pertambangan di negara itu untuk memastikan mereka mengikuti peraturan keselamatan untuk memastikan keselamatan mereka," katanya.


Editor : Nathania Riris Michico