Teknisi Perusahaan Prancis Tewas Ditembak di Kolombia

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 04 Desember 2019 - 08:14 WIB
Teknisi Perusahaan Prancis Tewas Ditembak di Kolombia

Penembakan di Bogota, Kolombia. (FOTO: AFP)

BOGOTA, iNews.id - Seorang teknisi yang bekerja untuk perusahaan kedirgantaraan dan pertahanan Prancis, Thales, ditembak mati di ibu kota Kolombia, Bogota. Dia tewas dalam pembunuhan yang ditargetkan.

Pria berusia 45 tahun itu ditembak pada Senin malam ketika meninggalkan sebuah restoran dengan seorang rekan asal Prancis di distrik utara Kota Chapinero.

"Kami menolak hipotesis perampokan. Menurut bukti yang kami miliki, ini adalah pembunuhan yang dilakukan oleh pembunuh bayaran," kata polisi, Robert Mendez, seperti dilaporkan AFP, Rabu (4/12/2019).

Noda darah masih terlihat pada Selasa di aspal tempat korban ditembak.

Pembunuhan itu terjadi di sebuah jalan dekat dengan kedutaan Perancis. Kedutaan menyatakan korban, yang identitasnya belum dipublikasikan, sedang dalam penugasan kerja dari Thales di Bogota.

Kota ini saat ini menjadi lokasi pameran perdagangan pertahanan dan keamanan Expodefensa.

Mendez mengatakan korban sebelumnya mengunjungi Kolombia pada 2017 dan tidak pernah mengalami masalah dengan siapa pun selama dia tinggal di sana.

Seorang sumber kepolisian mengatakan kepada AFP bahwa korban akan kembali ke Prancis pada Rabu.

Sumber menyebut, pelaku mendekati korban dari belakang setelah orang-orang meninggalkan restoran dan hanya menargetkan korban sebelum melarikan diri.

Thales bergerak di bidang aeronautika dan pertahanan, termasuk sistem rudal, teknologi tempur laut dan jet, komunikasi taktis, dan keamanan data.

Kelompok pertahanan yang bermarkas di Paris itu menyatakan kaget atas pembunuhan itu, dan mengatakan kolega korban segera didukung oleh otoritas terkait dan manajemen Thales di lokasi.

"Sebuah tim sudah dikirim ke tempat kejadian dan terus-menerus berhubungan dengan pihak berwenang setempat yang relevan dan korps diplomatik," demikian pernyataan Thales.


Editor : Nathania Riris Michico