Tentara AS Ditangkap Gara-Gara Bagikan Cara Membuat Bom di Facebook

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 24 September 2019 - 10:09 WIB
Tentara AS Ditangkap Gara-Gara Bagikan Cara Membuat Bom di Facebook

Ilustrasi tentara AS. (FOTO: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Seorang tentara Amerika Serikat (AS) ditangkap setelah membagikan instruksi pembuatan bom secara online. Dia juga dilaporkan berbicara tentang rencana menyerang markas besar sebuah jaringan televisi.

Jarrett Smith (24), seorang prajurit militer yang ditugaskan di Fort Riley, Kansas, didakwa di pengadilan federal di Topeka, Kansas, atas tuduhan mendistribusikan informasi terkait bahan peledak.

Jaksa AS Stephen McAllister mengatakan, selain membagikan instruksi cara membuat bom dalam obrolan grup di Facebook, Smith juga membahas rencana menyerang jaringan berita utama televisi menggunakan bom mobil dan menargetkan kelompok kiri Antifa.

Dilaporkan AFP, Selasa (24/9/2019), menurut FBI, Smith juga menyatakan minatnya melakukan perjalanan ke Ukraina untuk melawan kelompok paramiliter sayap kanan di sana, Batalyon Azov.

Dalam obrolan di Facebook-nya, Smith berinteraksi dengan orang AS lain yang pernah melawan kelompok kanan Ukraina dari 2017 hingga 2019.

Smith, lanjut FBI, juga mengaku menargetkan calon presiden dari Partai Demokrat Beto O'Rourke selama percakapan dengan seorang informan yang menyamar menjadi FBI.

Menurut Departemen Kehakiman AS, Smith bergabung dengan tentara pada Juni 2017 dan ditempatkan di Fort Riley sejak Juli 2019.

Jika dinyatakan bersalah, Smith akan menghadapi hukuman 20 tahun penjara dan denda hingga 250.000 dolar AS.


Editor : Nathania Riris Michico