Tokyo Catat Rekor Lagi, 1.591 Kasus Baru Covid dalam Sehari

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 06 Januari 2021 - 13:57:00 WIB
Tokyo Catat Rekor Lagi, 1.591 Kasus Baru Covid dalam Sehari
Kota Tokyo di Jepang. (Foto: AFP)

TOKYO, iNews.id – Kota Tokyo di Jepang mencatat rekor 1.591 kasus baru infeksi Covid pada Rabu (6/1/2021). Meningkatnya wabah belakangan ini telah memicu desakan kepada pemerintah pusat agar segera mengumumkan keadaan darurat untuk Tokyo dan daerah sekitarnya.

Saat ini, ibu kota Jepang itu telah menetapkan siaga 4 (status tertinggi) atas wabah Covid-19. Deklarasi darurat di wilayah metropolitan itu pun diperkirakan akan diumumkan oleh Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga, Kamis (7/1/2021) besok.

Kementerian Kesehatan Jepang pada hari ini mengadakan pertemuan para ahli penyakit menular. Pertemuan yang kedua yang mereka gelar dalam beberapa hari terakhir. 

Para ahli pun menyerukan tindakan pencegahan yang lebih ketat dan lebih lama untuk mengangkal penyeberan virus corona. Sementara, PM Suga tampaknya cenderung mengupayakan respons yang lebih terbatas untuk menghindari kerusakan ekonomi lebih jauh di negeri sakura.

“Bahkan sekalipun kita segera mengambil tindakan tegas, masih akan sulit untuk menurunkan wilayah metropolitan Tokyo ke level (siaga) 3 pada akhir Januari,” kata Kepala Institut Penyakit Menular Nasional Jepang, Takaji Wakita, kepada wartawan setelah menghadiri pertemuan yang diadakan Kemenkes Jepang, hari ini, dikutip Reuters.

Hasil simulasi oleh ilmuwan Universitas Kyoto, Hiroshi Nishiura, menunjukkan, tanpa tindakan pencegahan yang baru, angka infeksi Covid harian di Tokyo dapat meningkat hampir tiga kali lipat menjadi 3.500 kasus per hari pada Februari dan; mencapai 7.000 kasus per hari pada Maret.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2