Trump ke Iran: Jika Berani Berbuat Sesuatu, Mereka Akan Sangat Menderita

Nathan Making ยท Selasa, 14 Mei 2019 - 09:22 WIB
Trump ke Iran: Jika Berani Berbuat Sesuatu, Mereka Akan Sangat Menderita

Presiden AS Donald Trump. (FOTO: AFP Photo/Fabrice COFFRINI)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memperingatkan bahwa Iran akan sangat menderita jika 'melakukan apa saja'. Hal itu dia tegaskan di tengah indikasi intelijen AS bahwa Iran berencana menyerang kepentingan AS di kawasan itu.

"Saya mendengar sedikit cerita tentang Iran," kata Trump, kepada wartawan ketika dia menjamu Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban di Gedung Putih, seperti dilaporkan AFP, Selasa (14/5/2019).

"Jika mereka melakukan sesuatu, itu akan menjadi kesalahan yang sangat buruk," ujar Trump memperingatkan.

"Jika mereka melakukan sesuatu, mereka akan sangat menderita."

AS telah meningkatkan tekanan terhadap Iran dalam beberapa hari terakhir dan menuduh Iran merencanakan serangan dalam waktu dekat. AS juga memperkuat kehadiran militer mereka di Teluk.

Lonjakan ketegangan terjadi sepekan setelah Iran mengumumkan menangguhkan beberapa komitmennya dalam perjanjian nuklir 2015, satu tahun setelah Trump menarik diri dari perjanjian itu dan memberikan sanksi keras pada republik Islam itu.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo membatalkan kunjungan ke Moskow pada Senin (14/5), dan sebagai gantinya menuju ke Brussels untuk membahas krisis bersama Inggris, Prancis, dan Jerman.

Trump pekan lalu menyatakan dirinya terbuka untuk pembicaraan dengan para pemimpin Iran, hal yang juga digaungkan oleh Brian Hook, utusan khusus AS untuk Iran.

"Kami percaya bahwa Iran harus mencoba perundingan daripada ancaman. Mereka memilih hal yang buruk dengan berfokus pada ancaman," kata Hook.


Editor : Nathania Riris Michico