Trump Minta Bank Dunia Berhenti Beri Pinjaman ke China

Nathania Riris Michico ยท Sabtu, 07 Desember 2019 - 12:25 WIB
Trump Minta Bank Dunia Berhenti Beri Pinjaman ke China

Presiden AS Donald Trump. (FOTO: Photo by Nicholas Kamm/AFP via Getty Images)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengecam Bank Dunia. Dia menyalahkan lembaga keuangan internasional itu karena meminjamkan uang ke China.

"Mengapa Bank Dunia meminjamkan uang ke China? Mungkinkah ini? China punya banyak uang, dan jika tidak, mereka yang membuatnya. Berhenti!" cuit Trump, seperti dilaporkan AFP, Sabtu (7/12/2019).

Pesan Trump terhadap Bank Dunia juga digemakan oleh menteri keuangannya, Steven Mnuchin. Mnuchin mengatakan kepada komite Dewan Perwakilan Rakyat bahwa AS keberatan dengan program pinjaman dan proyek multi-tahun lembaga di Cina.

Program itu tetap diadopsi pada Kamis lalu. Namun mereka berencana mengurangi pinjamannya ke China.

"Program ini mencerminkan evolusi hubungan kita dengan China," ujar Martin Raiser, Direktur Negara Bank Dunia untuk Tiongkok.

"Hubungan kita akan semakin selektif."

Namun, pengurangan dana itu tidak cukup bagi AS yang berpendapat bahwa negara ekonomi terbesar kedua di dunia itu cukup kaya untuk membiayai dirinya sendiri dan tidak bergantung pada pinjaman dari Bank Dunia, yang seharusnya memberi pinjaman ke negara-negara miskin.

Sikap Trump yang sangat terbuka muncul di tengah negosiasi antara AS dan China yang berupaya mengakhiri perang dagang selama 18 bulan.

Editor : Nathania Riris Michico