Trump Pertimbangkan Hadiri Acara Hari Kemenangan Rusia pada Mei 2020

Nathania Riris Michico ยท Sabtu, 09 November 2019 - 12:48 WIB
Trump Pertimbangkan Hadiri Acara Hari Kemenangan Rusia pada Mei 2020

Presiden AS Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin selama pertemuan di sela-sela KTT G20 di Hamburg, Jerman. (Foto: Saul Loeb / AFP / Getty Images)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sedang mempertimbangkan menghadiri acara peringatan Hari Kemenangan Rusia pada 9 Mei. Hal itu dia pertimbangkan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengirim undangan.

"Saya mengapresiasi undangan itu. Ini tepat di tengah musim politik, jadi saya akan melihat apakah saya dapat melakukannya, tapi saya akan senang pergi jika saya bisa," ungkap Trump, sebelum meninggalkan Gedung Putih untuk mengikuti acara terkait kampanye.

Putin menggelar parade tahunan untuk mengenang kemenangan Uni Soviet pada Perang Dunia II melawan Nazi Jerman. Kremlin menyatakan peringatan ke-75 pada tahun depan akan diperingati dengan sangat meriah.

Trump menyebutnya, "Hal yang sangat besar memperingati berakhirnya perang."

Deputi Menteri Luar Negeri (Menlu) Sergei Ryabkov menyatakan, undangan Putin untuk Trump agar menghadiri acara Hari Kemenangan di Moskow sudah diterima dengan baik tapi belum ada balasan resmi dari Gedung Putih.

Kendati hubungan AS-Rusia mencapai titik terendah setelah badan intelijen AS menyimpulkan bahwa Rusia intervensi dalam pilpres 2016 untuk membantu Trump, dua pemimpin terus menjaga hubungan baik.


Editor : Nathania Riris Michico