Trump Veto Resolusi soal Dukungan bagi Saudi dalam Perang Yaman

Anton Suhartono ยท Rabu, 17 April 2019 - 12:29 WIB
Trump Veto Resolusi soal Dukungan bagi Saudi dalam Perang Yaman

Donald Trump (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali menggunakan hak vetonya untuk menentang keputusan Senat yang mengakhiri dukungan kepada Arab Saudi dalam perang Yaman.

Ini merupakan veto kedua yang dikeluarkan Trump setelah penolakan Kongres atas anggaran pembangunan tembok perbatasan dengan Meksiko.

"Resolusi ini adalah upaya yang tidak perlu dan berbahaya untuk melemahkan wewenang konstitusional saya, sehingga membahayakan nyawa warga negara Amerika dan anggota dinas yang pemberani, pada hari ini dan masa depan," kata Trump, dikutip dari Anadolu, Rabu (17/4/2019).

Resolusi ini pertama kali diperkenalkan oleh Senat dan disponsori oleh Barnie Sanders, senator asal Demokrat yang juga calon presiden dalam pilpres 2020.

DPR AS juga mengesahkan resolusi serupa pada Februari, namun tidak bisa sampai ke Senat karena masalah prosedur.

Sanders mengungkapkan kekecewaannya dengan veto yang dikeluarkan Trump. Meski demikian, politikus berusia 77 tahun itu tak terkejut dengan dengan veto itu.

"Rakyat Yaman sangat memerlukan bantuan kemanusiaan, bukan bom lagi. Saya kecewa, tapi tidak terkejut bahwa Trump telah menolak resolusi dari kedua-pihak guna mengakhiri keterlibatan AS dalam perang mengerikan di Yaman," kata Sanders.

Arab Saudi memimpin koalisi untuk melawan milisi Houthi Syiah sejak 2015. Houthi merupakan pemberontak yang didukung Iran yang telah menggulingkan pemerintahan sah beraliran Suni.

Perang telah memorak-porandakan prasarana di Yaman, termasuk sistem kebersihan dan kesehatan. PBB menggambarkan perang ini sebagai salah satu bencana kemanusiaan paling parah pada zaman modern.


Editor : Anton Suhartono