Unjuk Rasa Berakhir, Bandara Hong Kong Kembali Beroperasi

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 14 Agustus 2019 - 08:49 WIB
Unjuk Rasa Berakhir, Bandara Hong Kong Kembali Beroperasi

Penerbangan dari bandara Hong Kong kembali beroperasi. (FOTO: AFP / Philip FONG)

HONG KONG, iNews.id - Penerbangan dari bandara Hong Kong kembali beroperasi pada Rabu (14/8/2019) pagi. Terminal keberangkatan kembali dibuka sehari setelah pengunjuk rasa pro-demokrasi menggelar aksi protes di bandara, yang mengakibatkan penerbangan lumpuh serta bentrokan.

Ratusan penerbangan dibatalkan pada Selasa (13/8/2019), saat para demonstran memblokir dua terminal di bandara dan membuat kekacauan.

Para pengunjuk rasa secara fisik juga menghadang para pelancong yang akan mengakses penerbangan sepanjang Selasa sore, sebelum akhirnya diamankan oleh polisi anti huru hara di luar terminal dan memicu bentrokan.

BACA JUGA:

Massa Duduki Bandara Hong Kong Lagi, Blokir Penumpang di Pintu Keberangkatan

Pintu Diblokir Massa, Bandara Hong Kong Batalkan Semua Keberangkatan Pesawat

Namun pada Rabu dini hari, sebagian besar pengunjuk rasa meninggalkan bandara dan penerbangan mulai kembali beroperasi sesuai jadwal.

Situs web bandara menunjukkan, puluhan pesawat lepas landas semalam dan ratusan penerbangan dijadwalkan berangkat selama Rabu (14/8/2019), kendati banyak penerbangan yang tertunda.

Seorang wartawan AFP di terminal keberangkatan melaporkan, meja check-in beroperasi dengan normal dan hanya sedikit pengunjuk rasa yang tersisa, kebanyakan dari mereka tidur.

Belum jelas apakah akan ada aksi protes lagi di bandara pada Rabu malam.


Editor : Nathania Riris Michico