Unjuk Rasa Menentang Kenaikan Harga BBM di Iran Telan Korban Jiwa

Anton Suhartono ยท Sabtu, 16 November 2019 - 19:35 WIB
Unjuk Rasa Menentang Kenaikan Harga BBM di Iran Telan Korban Jiwa

Unjuk rasa menentang kenaikan hrga BBM di Iran menewaskan 1 orang (Foto: AFP)

TEHERAN, iNews.id - Bentrokan mewarnai unjuk rasa menentang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di Iran, Sabtu (15/11/2019). Seorang warga tewas dan beberapa lainnya luka dalam bentrokan dengan aparat di Provinsi Sirjan.

Gubernur Sirjan Mohammad Mahmoudabadi mengaku belum mengetahui penyebab kematian korban, apakah akibat tembakan atau hal lain.

"Sangat disayangkan, satu orang tewas," kata Mahmoudabadi, dikutip dari AFP, Sabtu (16/11/2019).

Mahmoudabadi menegaskan, pasukan keamanan tidak diperbolehkan melepaskan tembakan, kecuali sebagai peringatan yang diarahkan ke udara.

Dia curiga aksi yang awalnya berjalan damai itu dimanfaatkan oleh segelintir orang untuk memprovokasi. Bahkan massa merusak dan menghancurkan sarana publik, seperti stasiun pengisian bahan bakar umum.

"Mereka juga ingin mengakses depot bahan bakar utama perusahaan minyak dan membakarnya," tuturnya.

Upaya mereka menuju depot bahan bakar digagalkan oleh pasukan keamanan, seperti polisi, pasukan Garda Revolusi, dan milisi Basij.

Iran memberlakukan penjatahan bensin dan menaikkan harga BBM setidaknya 50 persen pada Jumat. Uang dari kenaikan harga BBM itu akan digunakan sebagai bantuan langsung tunai kepada warga yang membutuhkan.

Di bawah skema yang baru, warga harus mengeluarkan 15.000 riyal per liter (sekitar Rp5.000) untuk 60 liter pertama yang mereka beli setiap bulan. Setiap liter berikutnya dikenakan biaya 30.000 riyal (Rp10.000).

Selain Sirjan, unjuk rasa juga berlangsung di kota-kota lain seperti Abadan, Ahvaz, Bandar Abbas, Birjand, Gachsaran, Khoramshahr, Mahshahr, Mashhad, dan Shiraz,

Editor : Anton Suhartono