Uzbekistan Rusuh, 18 Orang Tewas 243 Lainnya Luka-Luka saat Demo Pemerintah

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 04 Juli 2022 - 15:51:00 WIB
Uzbekistan Rusuh, 18 Orang Tewas 243 Lainnya Luka-Luka saat Demo Pemerintah
Tentara Uzbekistan berjaga di jalan Kota Nukus, Provinsi Karakalpakstan, Minggu (3/7/2022), menyusul kerusuhan massal yang melanda daerah itu, pekan lalu. (Foto: Reuters/KUN.UZ)

TASHKENT, iNews.id – Sebanyak 18 orang tewas dan 243 lainnya luka-luka dalam kerusuhan di Provinsi Otonom Karakalpakstan, Uzbekistan, akhir pekan kemarin. Kerusuhan itu dipicu oleh rencana pemerintah pusat untuk membatasi otonomi di daerah tersebut.

Reuters melansir, otoritas Uzbekistan pada Senin (4/7/2022) ini mengungkapkan bahwa aparat keamanan menahan 516 orang saat membubarkan massa demonstran, Jumat (1/7/2022) lalu. Namum, banyak dari mereka kini sudah dibebaskan.

Pada Sabtu (2/7/2022), Presiden Shavkat Mirziyoyev membatalkan rencananya untuk mengamendemen sejumlah pasal dalam Undang-Undang Dasar Negara Uzbekistan yang mengatur tentang hak otonomi Karakalpakstan serta haknya untuk memisahkan diri.

Dia juga mengumumkan keadaan darurat selama sebulan di provinsi yang terletak di bagian barat laut Uzbekistan itu.

Menurut beberapa laporan resmi, para pengunjuk rasa berkumpul di ibu kota Karakalpakstan, Nukus, Jumat lalu. Mereka berusaha menduduki gedung-gedung perkantoran milik pemerintah.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda