Vaksin Covid Pfizer Manjur dan Aman untuk Anak 5 sampai 11 Tahun

Anton Suhartono ยท Senin, 20 September 2021 - 18:47:00 WIB
Vaksin Covid Pfizer Manjur dan Aman untuk Anak 5 sampai 11 Tahun
Pfizer umumkan vaksin Covid-nya manjur dan aman untuk anak 5 sampai 11 tahun (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Produsen farmasi Amerika Serikat (AS) Pfizer mengumumkan vaksinnya yang digarap bersama BioNTech berhasil menghasilkan respons kekebalan terhadap anak usia 5 sampai 11 tahun. Perusahaan akan meminta izin kepada regulator untuk menggunakannya pada anak-anak di AS, Eropa, dan negara lain.

Data respons kekebalan pada anak berusia 5 hingga 11 tahun didapat berdasarkan hasil uji klinis Fase II dan III, sebagaimana penggunaan pada kalangan 16 hingga 25 tahun. Selain itu, tingkat keamanan vaksin juga sebanding dengan kelompok usia lebih tua.

“Sejak Juli, kasus Covid-19 pada anak-anak meningkat sekitar 240 persen di AS, menggarisbawahi kebutuhan vaksin bagi kesehatan masyarakat. Hasil uji coba ini menjadi landasan kuat untuk meminta otorisasi vaksin pada anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun dan kami berencana untuk menyerahkannya ke FDA (badan pengawas obat dan makanan AS) serta regulator lainnya, segera,” kata CEO Pfizer Albert Bourla, dikutip dari Reuters, Senin (20/9/2021).

Seorang pejabat otoritas kesehatan AS sebelumnya yakin FDA akan memberikan keputusannya dalam waktu 3 pekan setelah pengajuan otorisasi.

Kasus infeksi dan kematian akibat Covid-19 di AS melonjak dalam beberapa bulan terakhir dipicu varian Delta. Kasus infeksi melibatkan anak-anak juga meningkat, terutama karena anak di bawah 12 tahun belum mendapatkan vaksin. Namun hasil penelitian sejauh ini belum mengindikasikan Delta bisa membahayakan anak-anak.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: