Veteran Perang Vietnam Ini Orang Tertua di Texas yang Disuntik Mati

Anton Suhartono ยท Jumat, 01 Maret 2019 - 10:36 WIB
Veteran Perang Vietnam Ini Orang Tertua di Texas yang Disuntik Mati

Billie Wayne Coble (Foto: AFP)

TEXAS, iNews.id - Billie Wayne Coble, pria asal Texas, Amerika Serikat, dieksekusi mati di lembaga pemasyarakatan Huntsville, Kamis (28/2/2019). Berusia 70 tahun, dia menjadi orang tertua yang menjalani suntik mati di negara bagian itu.

Mahkamah Agung AS menolak permohonan banding terakhir yang diajukan pada Kamis malam.

Veteran perang Vietnam itu dinyatakan bersalah atas pembunuhan terhadap saudara iparnya yang juga perwira polisi di Kota Caco, Bobby Vicha, serta ayah dan ibu Vicha, Robert dan Zelda, seperti dikutip dari AFP, Jumat (1/3/2019).

Jaksa mengatakan, Coble juga mengikat anak-anaknya serta putra Bobby Vicha, menculik istrinya dengan maksud memerkosa dan membunuhnya. Namun istrinya berhasil melarikan diri setelah mobil yang dikendarari Coble mengalami kecelakaan.

Eksekusi mati melalui injeksi itu dilakukan pada Kamis malam waktu setempat. Coble menjadi orang ketiga di AS yang menjalani eksekusi mati sepanjang tahun ini dan yang kedua di Texas.

Seorang pejabat di negara bagian Texas mengatakan, Coble merupakan orang tertua yang dieksekusi sejak Mahkamah Agung AS membolehkan kembali hukuman mati pada 1976.

Sementara orang terpidana tertua di AS yang menghadapi kursi kematian adalah pelaku pengeboman berantai Walter Moody yang dihukum mati pada 2018 di Alabama. Saat itu usianya 83 tahun.

Terpidana yang sudah dijatuhi vonis mati di AS bisa mendekam di penjara selama berpuluh tahun terlebih dulu sebelum dieksekusi. Saat ini ada hampir 30 terpidana mati di Texas yang sudah berada di penjara selama lebih dari 25 tahun.

 


Editor : Anton Suhartono