Vietnam Konfirmasi Korban Meninggal Ke-2 akibat Virus Corona

Anton Suhartono ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 14:14 WIB
Vietnam Konfirmasi Korban Meninggal Ke-2 akibat Virus Corona

Vietnam konfirmasi kasus kematian kedua akibat virus corona (Foto: AP)

HANOI, iNews.id - Vietnam mengonfirmasi kasus kematian kedua akibat virus corona. Negara yang dipuji karena keberhasilannya mencegah wabah Covid-19 itu mengalami lonjakan kasus sejak sepekan terakhir setelah 99 hari bebas penambahan korban.

Kedua korban berasal dari Danang. Mereka menjalani perawatan di rumah sakit akibat terinfeksi. Da Nang merupakan pusat wabah Covid-19 di Vietnam dengan melaporkan lebih dari 100 kasus dalam sepekan terakhir. Lebih dari setengah menjalani perawatan di rumah sakit dan sisanya melakukan isolasi mandiri.

Kementerian Kesehatan, dikutip dari Associated Press, Sabtu (1/8/2020), menyatakan, korban kedua meninggal pada Jumat (31/7/2020) sore yakni pria 61 tahun yang mengalami syok septik atau infeksi serta gagal ginjal kronis. Sementara korban pertama merupakan pria 70 tahun yang juga memiliki penyakit bawaan gagal ginjal.

Selain itu, 15 pasien positif Covid-19 lainnya dalam kondisi kritis. Semua pasien kritis memiliki penyakit bawaan.

Sementara itu Kementerian Kesehatan Vietnam mengonfirmasi penambahan 12 kasus infeksi di Danang, semuanya terkait dengan rumah sakit.

Kasus di Danang bermula sepekan lalu yakni melibatkan cluster penularan rumah sakit. Dari situ kasus menyebar ke enam wilayah negara tersebut, termasuk tiga kota terbesar, memaksa pihak berwenang memberlakukan kembali pembatasan.

Para ahli khawatir jumlah kasus sebenarnya jauh lebih tinggi. Sebelum wabah terbaru ini, Vietnam mengonfirmasi 416 kasus corona tanpa ada korban meninggal.

Otoritas Danang memperketat keamanan dan mendirikan banyak pos pemeriksaan serta mencegah orang meninggalkan atau memasuki kota. Daerah tujuan wisata favorit itu di-lockdown sejak Selasa lalu.

Editor : Anton Suhartono