Viral, Pria Ini Gelantungan di Crane untuk Selamatkan Korban Kebakaran Apartemen

Anton Suhartono ยท Kamis, 09 Mei 2019 - 06:15 WIB
Viral, Pria Ini Gelantungan di Crane untuk Selamatkan Korban Kebakaran Apartemen

Operator crane di China menyelamatkan korban kebakaran (Foto: Weibo)

FUSHUN, iNews.id - Dia buka personel pemadam kebakaran, namun keberaniannya dalam menyelamatkan para korban yang terjebak di gedung tinggi seperti melebihi petugas.

Pria bernama Lan Junze (19) menjadi pembicaraan harum warganet di media sosial China. Aksinya menyelamatkan 14 penghuni apartemen sambil bergelantungan di crane memicu decak kagum.

Kebakaran terjadi Kamis pekan lalu di apartemen Kota Fushun, Provinsi Liaoning, pada pagi hari. Api bermula dari toko yang berada di lantai dasar apartemen. Api dengan cepat menyebar ke lantai atas sehingga menjebak para penghuni.

Lan yang merupakan petugas operator crane terpicu jiwa sosialnya dengan membawa truk yang dioperasikannya ke lokasi kebakaran. Saat itu dia sedang bekerja tak jauh dari apartemen yang terbakar.

Dia lalu mengarahkan lengan crane ke jendela tempat korban menunggu pertolongan yakni dari lantai 2 sampai 7. Sambil bergeantungan di ujung lengan crane, dia menyelamatkan satu per satu penghuni apartemen. Lan tak memedulikan nyawanya meski bergelantungan di ketinggian.

Dia hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk menyelamatkan semua korban, bahkan sebelum petugas pemadam kebakaran bereaksi.

Menurut Lan, dia sempat mendengar ledakan di kabin kemudi truk crane, namun tak dihiraukan. Dia tetap fokus menyelamatkan korban.

"Saya fokus menyelamatkan orang-orang tanpa memikirkan ada masalah lain. Saat saya mendengar orang lain memuji, saya sangat bangga, saya telah melakukan hal luar biasa," katanya, dikutip dari South China Morning Post, Rabu (8/5/2019).

Sementara itu penyebab kebakran masih dalam penyelidikan.

Warganet memuji Lan di media sosial Weibo.

"Seorang pria biasa melakukan hal luar biasa. Saya hormat dengan anak muda ini," kata warganet.


Editor : Anton Suhartono