Wabah Corona, AS Hadapi Bencana seperti Serangan Pearl Harbor dan 11 September

Anton Suhartono ยท Kamis, 09 April 2020 - 14:46 WIB
Wabah Corona, AS Hadapi Bencana seperti Serangan Pearl Harbor dan 11 September

AS menghadapi masa-masa terparah akibat serangan virus corona (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Para pejabat kesehatan masyarakat di Amerika Serikat (AS) memperingatkan wabah virus corona terburuk akan terjadi dalam 2 pekan. Hal ini senada dengan pernyataan Presiden Donald Trump.

Seorang ahli bedah Jerome Adams mengatakan kepada Fox News, serangan virus corona akan menjadi bencana besar dan dampaknya akan terasa di seluruh wilayah.

"Ini akan menjadi momen Pearl Harbor, momen 9/11. Jika tidak dilokalisasi, ini akan terjadi di seluruh wilayah. Saya ingin seluruh warga AS memahami ini," kata Adams, seraya menyerukan warga untuk mematuhi pedoman social distancing.

Adams menegaskan, pekan-pekan Ini akan menjadi momen tersulit bagi warga AS. Menurut dia, semua warga harus patuh dan menjalankan peran masing-masing agar AS bisa membuat kurva berhenti menanjak dan menjadikannya rata, bahkan menurun.

Pakar penyaklt menular yang juga anggota gugus tugas Covid-19 Gedung Putih Anthony Fauci mengatakan kepada CBS, pemerintah sedang berusaha mengendalikannya.

Pada Sabtu pekan lalu, Trump memperingatkan warga AS untuk bersiap menghadapi potensi kematian lebih besar dalam beberapa hari mendatang karena wabah.

“(Minggu depan) mungkin menjadi minggu paling sulit. Akan ada banyak kematian,” katanya.

Saat menyampaikan pernyataan tersebut, jumlah kasus infeksi Covid-19 di AS telah melampaui 300.000 penderita.

Namun pada Kamis (9/4/2020) atau 4 hari kemudian, berdasarkan data yang dihimpun AFP, kasus virus corona di AS melonjak 130.000 orang menjadi 432.132. Jumlah itu sekitar 29 persen dari total kasus infeksi global, yaknii 1.502.478.

Jumlah kasus kematian di AS juga meningkat menjadi 14.817 orang.

Editor : Anton Suhartono