Wartawan Foto Tewas usai Ditembak Bagian Kepala saat Berada di Luar Rumah

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 18 Januari 2022 - 10:40:00 WIB
Wartawan Foto Tewas usai Ditembak Bagian Kepala saat Berada di Luar Rumah
Ilustrasi penembakan wartawan. (Foto: Ist.)

MEXICO CITY, iNews.id – Seorang wartawan foto di Meksiko tewas setelah ditembak di bagian kepalanya. Dia dibunuh saat sedang berada di luar rumahnya di Kota Tijuana yang terletak di wilayah perbatasan utara negara itu.

Jurnalis foto bernama Margarito Martinez (49) itu sudah bekerja selama lebih dari satu dekade di Tijuana untuk sejumlah outlet berita nasional dan internasional. Dia kerap meliput berbagai kejahatan geng dan aksi kekerasan yang telah mencoreng kota itu—yang berada di perbatasan AS-Meksiko di seberang San Diego.

Kantor Kejaksaan Agung di Negara Bagian Baja California (tempat Kota Tijuana berada) menyatakan, para petugas yang menanggapi panggilan darurat Senin (17/1/2022) siang menemukan tubuh Martinez di luar rumahnya. Korban didapati tewas dengan cedera kepala yang disebabkan oleh senjata api.

Seorang rekan sesama jurnalis dari Baja California mengatakan, korban telah dimasukkan dalam program perlindungan jurnalis yang diselenggarakan Negara Meksiko. “Dia (Martinez) baru-baru ini masuk program perlindungan karena menerima ancaman,” kata wartawan yang tidak mau disebutkan namanya itu kepada Reuters.

Tijuana menjadi salah satu kota paling kejam di Meksiko karena konflik di antara geng narkoba yang terjebak dalam perang wilayah atas rute perdagangan manusia. Komisi Hak Asasi Manusia Baja California mengutuk penembakan Martinez. 

“Setiap serangan terhadap jurnalis merupakan serangan terhadap kebebasan berekspresi dan hak masyarakat untuk mendapat informasi,” kata badan tersebut dalam pernyataannya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: