54 Eskavator Bekerja Setiap Hari untuk Cegah Banjir di DKI Jakarta

Fakhrizal Fakhri ยท Rabu, 23 September 2020 - 14:09 WIB
54 Eskavator Bekerja Setiap Hari untuk Cegah Banjir di DKI Jakarta

Ilustrasi Banjir (Foto: Sindo/Okto)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 52 tahun 2020 tentang Percepatan Peningkatan Sistem Pengendalian Banjir di Era Perubahan Iklim. Untuk menindaklanjuti Ingub itu, sebanyak 54 eskavator terus bekerja setiap hari untuk mencegah banjir.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengatakan, Ingub 52/20 tersebut rutin diterbitkan setiap tahun. Namun, lanjut dia, Ingub tersebut dipercepat karena adanya perubahan cuaca.

"Kita lihat di beberapa daerah (dan) negara ada percepatan. Biasanya banjir masuknya Desember, Januari, sampai Maret. Ada potensi lebih cepat, untuk itu kami memang setiap hari ngurusin banjir, masyarakat mungkin tidak lihat kami punya 54 alat berat eskavator yang setiap hari mengeruk sungai dan waduk di Jakarta dalam rangka meningkatkan volume penampungan air," kata Ariza di Balai Kota, Jakarta, Rabu (23/9/2020).

Ariza menerangkan, DKI juga melakukan terobosan dengan membuat sodetan-sodetan di Kali Ciliwung untuk mengatur aliran air, kemudian mengatur pintu air, hingga memperbaiki pompa.

"Jangan dikira petugas pompa kami cuma kerja saat banjir, saat kemarau mereka juga mengatur pompa. Kemudian juga mengatur air ke laut," katanya.

Menurut Ariza, saat ini pihaknya meminta dukungan masyarakat dengan membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan dan selokan air di lingkungan tempat tinggalnya.

Dia menambahkan, pencegahan banjir sama seperti penanggulangan pandemi Covid-19 yang membutuhkan dukungan warga DKI Jakarta.

"Kemudian seperti yang Pak Gubernur sampaikan yaitu membuat biopori termasuk pengusaha kantor swasta, nanti kita akan cek yang tidak membuat biopori, nanti yang nggak membuat kita sanksi," katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq