Ada Demo Besar di DPR, Penindakan Ganjil Genap di DKI Ditiadakan

Antara, Wildan Catra Mulia ยท Selasa, 24 September 2019 - 18:14 WIB
Ada Demo Besar di DPR, Penindakan Ganjil Genap di DKI Ditiadakan

Aparat menghalau massa pendemo di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (24/9/2019). (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya meniadakan penindakan ganjil genap bagi kendaraan pribadi saat berlangsungnya demonstrasi mahasiswa menolak pengesahan RKUHP dan revisi UU KPK di depan Gedung DPR/MPR. Keputusan itu diambil bukan tanpa alasan.

“Diskresi kepolisian, tidak dilaksanakan penindakan ganjil genap,” kata Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP I Made Agus Prasatya, saat dihubungi di Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Dia menuturkan, polisi mengambil langkah diskresi tidak memberlakukan penindakan ganjil genap karena situasi yang tidak memungkinkan saat aksi penolakan RKUHP di Gedung DPR. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo juga mengamini Agus. Menurut dia, diskresi ganjil genap oleh kepolisian itu berlaku pada hari ini sejak pukul 16.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB.

Aksi demonstrasi hari ini sempat berlangsung ricuh lantaran pendemo memaksa masuk ke area Gedung DPR/MPR dengan cara menjebol gerbang utama. Polisi menyempotkan watercannon dan menembakkan gas air mata guna menghalau pendemo yang merangsek ke dalam Gedung DPR/MPR.

Sampai magrib ini, demonstran masih berkumpul di depan Kompleks Parlemen. Polda Metro Jaya mengerahkan 18.000 personel, termasuk aparat dari TNI dan Pemprov DKI Jakarta, serta bantuan pasukan Brimob dari Polda Lampung guna mengamankan aksi tersebut.

Editor : Ahmad Islamy Jamil