Anggota DPRD Apresiasi Langkah Anies Baswedan Larang Acara Keramaian

Sindonews · Jumat, 13 Maret 2020 - 08:54 WIB
Anggota DPRD Apresiasi Langkah Anies Baswedan Larang Acara Keramaian

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan keterangan pers terkait virus korona di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (2/3/2020). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id – Anggota DPRD DKI Jakarta, Purwanto, mendukung langkah Gubernur Anies Baswedan merumuskan larangan bagi warga pergi ke tempat keramaian serta pembatasan jam kerja restoran. Bahkan, dia meminta Pemprov DKI Jakarta untuk lebih terbuka lagi mengenai peta penyebaran virus korona Wuhan (COVID-19).

Purwanto pun mengapresiasi langkah cepat Pemprov DKI dalam mengatasi virus itu. Menurut dia, penyebaran virus korona bukanlah hal yang tabu untuk diinformasikan. “Memang sudah seharusnya pemerintah mengambil beberapa skenario menghadapi virus korona. Salah satunya membatasi aktivitas masyarakat,” kata Purwanto, Kamis (12/3/2020).

Dia menjelaskan, ada empat hal yang perlu ditingkatkan oleh Pemprov DKI terkait masalah penanganan virus tersebut. Pertama, dinas-dinas terkait harus memetakan mana daerah yang berpotensi dan mana yang tidak. Kedua, harus ada peningkatan layanan menggunakan biaya yang sudah dialokasikan sebesar Rp54 miliar.

Ketiga, Pemprov DKI harus merampungkan pembentukan command center di setiap wilayah. Sementara, yang terakhir adalah terkait dengan penetapan ruang isolasi dengan daerah terdampak. “Pemetaan zonasi harus diberitahukan kepada masyarakat. Perbanyak ambulans untuk penjemputan. Ini semua harus dilakukan supaya masyarakat bisa tahu dan menghindari,” ucap Purwanto.

Editor : Ahmad Islamy Jamil