Anies Akan Pertajam Sistem Penilaian Kinerja ASN DKI, Ini Alasannya

Wildan Catra Mulia ยท Jumat, 11 Januari 2019 - 18:08 WIB
Anies Akan Pertajam Sistem Penilaian Kinerja ASN DKI, Ini Alasannya

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berinisiasi akan mempertajam sistem penilaian kinerja Apartur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemprov. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu ingin hasil raport pegawai lebih detail dan akurat.

“Ini bisa seperti rapor ya. Seperti rapor yang semua orang punya tapi mencerminkan ukuran-ukuran yang akurat. Jadi ketika mereka di undang ke posisi A,B,C itu lengkap di situ,” kata Anies di Balai Kota, Jumat (11/1/2018).

Menurut dia, rencana mempertajam poin-poin rapor kinerja PNS bisa digunakan sebagai acuan ketika pegawai mendapat promosi atau mutasi. Gubernur dapat melihat potensi pegawai tersebut dari rapor kinerja selama bekerja.

“Nah, ini yang sekarang mau dibangun, tapi ini adalah membangun sistem,” ucap dia.

BACA JUGA: DPRD DKI Ragukan Kemampuan Kepala Dinas Hasil Lelang Jabatan Anies

Wacana Anies ini sekaligus merespons ketidakpuasan sejumlah pihak, termasuk DPRD DKI yang meragukan kompetensi kepala dinas hasil lelang jabatan. Dia mengatakan, dengan sistem ini, nantinya ketika ada pegawai yang dimutasi maupun mendapat promosi tinggal melihat track record selama bekerja.

“Tapi tidak kemudian nanti dipakai untuk rotasi mutase tiga bulan ke depan, tidak. Ini membangun sistem, sehingga sekarang pejabat-pejabat di kita, baik eselon IV, III, maupun staf punya ukuran kinerja yang bisa dipakai kemudian hari,” tutur Anies.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto