Anies Bakal Tegur Dishub DKI yang Bocorkan Tarif Parkir Baru Sudirman

Wildan Catra Mulia ยท Jumat, 07 Desember 2018 - 18:25 WIB
Anies Bakal Tegur Dishub DKI yang Bocorkan Tarif Parkir Baru Sudirman

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan belum ada pembicaraan soal angka baru tarif parkir di kawasan Sudirman dan Thamrin, Jakarta Pusat. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan bakal menegur anak buahnya yang sudah membeberkan besaran tarif parkir di kawasan Sudirman dan Thamrin, Jakarta Pusat, yang direncanakan naik mulai 2019. Pasalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sampai saat ini baru mengkaji rencana tersebut dan belum memunculkan angka berapa pun.

Menurut dia, wacana penerapan tarif parkir Rp69.000 per jam untuk kendaraan roda empat dan Rp54.000 per jam untuk kendaraan roda dua itu bakal membuat warga Ibu Kota berekspetasi dan khawatir. “Makanya, nanti saya akan tegur yang pada bagi-bagi informasi belum matang. Kenapa? Karena menimbulkan kegelisahan,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Jumat (7/12/2018).

Dia menjelaskan, kenaikan tarif parkir di Sudirman dan Thamrin bakal ditentukan sesuai satuan biayanya. Ada yang dihitung per jam, per hari, maupun langganan. Yang pasti, kata dia, angka-angka dalam setiap satuan biaya itu belum pernah dibicarakan sampai hari ini. “Kemudian, ada (pengkajian) penyiapan infrastrukturnya, konsekuensinya seperti apa,” ucap Anies.

BACA JUGA:

Anies Sebut Banyak Anak Buahnya Tak Berani Ambil Keputusan Penting

Anies Bakal Naikkan Tarif dan Kurangi Lahan Parkir di Sudirman-Thamrin


Menurut mantan rektor Universitas Paramadina itu, rencana kenaikan tarif parkir di Jakarta semata-mata bentuk upaya Pemprov DKI untuk menggaet warga Ibu Kota menggunakan angkutan massal.

“Arahnya adalah, kami ingin lebih banyak warga menggunakan kendaraan umum dibandingkan dengan kendaraan pribadi. Karena itu kendaraan umumnya ditambah jumlahnya, ditingkatkan kenyamanannya, ditingkatkan jangkauannya. Disinsentifnya, (tarif parkir) kendaraan pribadi harganya menjadi lebih mahal,” tuturAnies.

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko memberkan kisaran harga tarif parkir baru di kawasan Sudirman–Thamrin sebesar Rp54.000 hingga Rp69.000 untuk satu jam. Meski begitu, Sigit mengatakan harga tersebut masih dalam kajian instansinya.

“Jadi uang parkir roda empat itu Rp69.000. Untuk yang roda dua itu ada Rp54.000. Nah kita akan menerapkan zonasi-zonasi terkait dengan pengurangan satuan ruang parkir,” ujar Sigit di Jakarta, kemarin.


Editor : Ahmad Islamy Jamil