Anies Baswedan Minta Warga di Bantaran Sungai Waspada

Wildan Catra Mulia ยท Kamis, 20 Februari 2020 - 17:22 WIB
Anies Baswedan Minta Warga di Bantaran Sungai Waspada

Gubernur Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Hujan yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya pada Kamis (20/2/2020) dini hari sempat membuat muka air Bendung Katulampa di Bogor berada di level 150 sentimeter atau siaga 3. Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengingatkan warga ibu kota, khususnya yang berada di bantaran sungai untuk meningkatkan kewaspadaan.

Hal itu disampaikan Anies mengingat BMKG telah mengeluarkan peringatan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang akan mengguyur Jakarta pada Jumat (21/2/2020) dini hari nanti. Anies mengatakan Pemprov Jakarta telah mengingatkan warganya untuk waspada.

“Kami sudah mengabarkan kepada semua masyarakat di bantaran sungai untuk waspada,” kata Anies saat ditemui di kawasan Rawamangun Jakarta Timur Kamis (20/2/2020).

Anies berharap tinggi muka air Bendung Katulampa tak lebih dari 150 sentimeter yang berarti kiriman air dari kawasan Puncak Bogor sebagai hulu Sungai Ciliwung terkendali. Dia juga mengatakan perairan Jakarta dalam kondisi surut sehingga air bisa mudah mengalir ke laut.

“Tapi kita bersyukur permukaan air laut itu landai sehingga Ciliwung bisa dikosongkan, bisa dialirkan. Manggarai dikosongkan sehingga siap untuk mengantisipasi air yang datang dari kawasan hulu,” ucapnya.


Editor : Rizal Bomantama