Anies Baswedan Tiadakan Car Free Day Gara-Gara Virus Korona

Wildan Catra Mulia ยท Rabu, 11 Maret 2020 - 12:06 WIB
Anies Baswedan Tiadakan Car Free Day Gara-Gara Virus Korona

Suasana Car Free Day setiap akhir pekan di Kota Jakarta (ilustrasi). (Foto: ANTARA)

JAKARTA, iNews.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memutuskan untuk meniadakan sementara Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) selama dua pekan ke depan di sepanjang Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin. Langkah itu dilakukan untuk meminimalisasi dan mencegah potensi penularan virus korona (COVID-19) lebih masif lagi.

“Untuk Car Free Day dua pekan ke depan, demi menjaga dan melindungi warga Jakarta dari potensi penularan, maka dua minggu ke depan Pemprov DKI meniadakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Balai Kota Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Dia menuturkan, pihaknya akan memutuskan kelanjutan acara CFD setelah memantau perkembangan virus COVID-19 di Indonesia. Jika dirasa sudah aman maka CFD akan dibuka kembali.

“Ini kami lakukan sambil melihat bagaimana perkembangan penularan virus korona ini. Sesudah dua minggu kami review, tapi minggu depan dan minggu berikutnya HBKB ditiadakan,” tuturnya.

Minggu (8/3/2020) lalu, Pemprov DKI masih menggelar CFD di Sudirman-Thamrin. Kendati demikian, ketika itu ada larangan yang dikeluarkan Gubernur Anies soal kegiatan yang bersifat kerumunan.

Pelaksanaan CFD pada dasarnya adalah perintah dari otoritas di Ibu Kota dan sudah berlangsung selama belasan tahun. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menjelaskan, kewajiban menyelenggarakan CFD diatur di dalam Pergub Nomor 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara dan Pergub Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan HBKB.

Editor : Ahmad Islamy Jamil