Anies Sebut Banyak Anak Buahnya Tak Berani Ambil Keputusan Penting

Wildan Catra Mulia ยท Kamis, 06 Desember 2018 - 22:21 WIB
Anies Sebut Banyak Anak Buahnya Tak Berani Ambil Keputusan Penting

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id – Gubernur Anies Rasyid Baswedan mengaku tak sedikit pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta takut mengambil keputusan penting. Padahal, menurut dia, bila sudah dipercayakan mengemban tugas, para kepala SKPD itu mestinya bernyali mengambil kebijakan-kebijakan untuk kepentingan masyarakat Ibu Kota.

“Tapi kalau ya namanya kepala, harus mengambil keputusan.  Ya udah, karena itu dikembaliin suruh ngambil keputusan, ya harus ngambil keputusan,” ujar Anies di Jakarta, Kamis (5/12/2018).

Mantan rektor Universitas Paramadina itu mengaku sering menerima memo dari pimpinan berbagai SKPD di DKI. Memo-memo tersebut, kata dia, rata-rata berisi permintaan arahan darinya untuk membatu mereka menentukan keputusan yang hendak diambil. “Saya kalau terima memo itu isinya mohon petunjuk semua,” ucap Anies.

Menurut dia, kejadian semacam itu bukan hanya sekali terjadi, tapi berulang kali. Anies pun menganggap tradisi “meminta petunjuk gubernur” itu seakan-akan sudah menjadi kebiasan anak buahnya.

“Ya namanya kepala (pimpinan instansi) harus mengambil keputusan. Soal ketidakberanian mengambil keputusan itu bukan satu atau dua SKPD, dan bukan satu atau dua kasus, ini semacan kebiasaan,” kata mantan menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) itu.


Editor : Ahmad Islamy Jamil