Antisipasi Banjir di Jakarta Barat Terhambat Tanah Sengketa

Yan Yusuf · Jumat, 27 November 2020 - 11:48:00 WIB
Antisipasi Banjir di Jakarta Barat Terhambat Tanah Sengketa
Titik pembangunan sheet pile di Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat yang tak kunjung usai. (Foto: SINDOnews/Yan Yusuf)

JAKARTA, iNews.id - Banyaknya lahan sengketa di Jakarta Barat membuat sebagian wilayah Jakarta Barat tergenang. Pasalnya, saat ini banyak wilayah Jakarta Barat yang belum rampung dibangun sheetpile.

“Kenapa belum rampung, karena banyak lahan sengketa. Kami kebingungan untuk membayarkan ke siapa,” kata Kasudis SDA Jakarta Barat, Purwanti Suryandari, Jumat (27/11/2020).

Purwanti memaparkan beberapa titik itu diantaranya di bantaran kali angke, Kembangan - Cengkareng, Jakarta Barat. Di kawasan itu sedikitnya ada lebih dari empat titik yang belum tershetpile. 

Beberapa titik itu diantaranya di sekitar Duri Kosambi yang berbatasan dengan tangerang. Disana sedikitnya ada 20 meter yang belum tersheetpile, kemudian di kembangan utara ada pula yang belum tersheetpile sepanjang 60 meter, serta dua titik di rawa buaya yang bila digabungkan menjadi sekitar 80 meter. 

Hanya saja untuk membangun sheetpile yang nantinya dilakukan oleh Kementrian PUPR, Pemprov DKI sendiri wajib melakukan pembebasan lahan di sana. Hanya saja untuk proses pembebasan lahan terbentur beberapa status lahan.

“Kaya misalnya di kembangan utara dan duri kosambi. Pemilik lahannya merupakan perusahaan swasta yang kini telah bangkrut. Titik terang siapa sebenarnya pemilik lahan masih abu abu,” katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq