ASN Pemprov DKI yang Hadiri Reuni 212 Bakal Dikenakan Sanksi

Wildan Catra Mulia ยท Sabtu, 30 November 2019 - 17:14 WIB
ASN Pemprov DKI yang Hadiri Reuni 212 Bakal Dikenakan Sanksi

ASN di Pemprov DKI (ilustrasi). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) memastikan aparatur sipil negara (ASN) mereka tidak akan mengikuti rangkaian kegiatan Reuni Akbar 212. Sedianya acara tersebut bakal digelar pada Senin (2/12/2019) yang bertepatan hari kerja para pegawai.

“ASN kan prinsipnya netralitas, artinya sesuai UU ASN Nomor 5 Tahun 2014, PP Nomor 11 Tahun 2017, kaitan dengan aktivitas massa ya, apalagi hari kerja. Artinya, ya tidak di perbolehkan, sudah mengertilah ASN itu kewajibannya, itu aja,” kata Kepada BKD DKI Jakarta, Chaidir, saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (30/11/2019).

Dia menuturkan, pihaknya memang tidak mengeluarkan imbauan secara khusus kepada para ASN di lingkungan Pemprov DKI agar tak datang ke acara Reuni 212, lusa. Dia yakin, para pegawai sudah mengetahui segala aturan dan ketentuan yang berlaku.

“Mereka (para ASN di DKI) sudah mengerti kok hak dan kewajiban sebagai ASN itu sudah paham,” katanya

Chaidir mengatakan, jika ada ASN yang melanggar maka sanksi teguran maupun tertulis siap diberikan kepada yang bersangkutan. Sanksi itu seperti diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Namun, dia percaya para ASN mengetahui aturan yang harus ditaati sebagai abdi negara. “Kemarin saya sudah ceritakan. Saya rasa enggak sampai adalah (ASN di DKI yang ikut acara Reuni 212). Sudah tahu (mereka dengan aturan),” ujarnya yakin.


Editor : Ahmad Islamy Jamil