Bima Arya Berharap Intervensi Pemerintah Pusat agar Kantor di Jakarta Terapkan Shift

Sindonews, Haryudi ยท Selasa, 09 Juni 2020 - 09:53:00 WIB
Bima Arya Berharap Intervensi Pemerintah Pusat agar Kantor di Jakarta Terapkan Shift
Wali Kota Bogor Bima Arya. (Foto: Instagram).

BOGOR, iNews.id - Stasiun Bogor di Jawa Barat menjadi sorotan karena di sana terjadi penumpukan penumpang cukup ekstrem sejak pemberlakuan masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto kembali turun tangan mengawasi penerapan protokol kesehatan di Stasiun Bogor, Selasa (9/6/2020).

Usai melakukan pemantauan, Bima Arya mengatakan perlu ada intervensi dari kementerian terkait agar kantor-kantor di Jakarta disiplin menerapkan sistem kerja shift. Menurutnya sistem kerja shift mampu mengurai kepadatan penumpang saat jam sibuk berangkat dan pulang kantor.

"Memang harus ada kebijakan di Jakarta supaya kantor-kantor menerapkan shift. Perusahaan pasti punya data jumlah pekerja dari Bogor. Kalau masuknya bersamaan pasti terjadi penumpukan," kata Bima Arya.

Bima mengusulkan agar ada sistem shift siang di kantor-kantor Jakarta. Menurutnya hal itu bisa dilakukan karena jumlah penumpang kereta rel listrik (KRL) di siang hari relatif sepi.

Dia berharap penerapan sistem kerja shift bisa dimatangkan secara baik karena kenaikan jumlah penumpang baru sekitar 10 persen. Hal itu perlu segera dilakukan menjelang penerapan new normal oleh pemerintah.

"Kalau nanti diberlakukan normal dan semua kantor buka akan ada 20.000 penumpang dalam satu rangkaian KRL. Pasti nempel semua itu. Jadi kami berharap agar ada shift siang supaya penumpang tidak menumpuk di pagi hari," ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama