BMKG: Waspada Peningkatan Curah Hujan Disertai Angin Kencang di Jabodetabek 13-15 Januari 2022

Muhammad Refi Sandi ยท Kamis, 13 Januari 2022 - 12:17:00 WIB
BMKG: Waspada Peningkatan Curah Hujan Disertai Angin Kencang di Jabodetabek 13-15 Januari 2022
Ilustrasi, BMKG mengimbau masyarakat agar waspada terhadap potensi cuaca ekstrem periode tiga hari ke depan yang dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan adanya potensi peningkatan curah hujan di sebagian wilayah Indonesia. Jabodetabek, termasuk wilayah yang diprediksikan mengalami puncak musim hujan pada periode Januari 2022.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, dari hasil analisis dinamika atmosfer, diidentifikasi adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia selatan Jawa dan pola tekanan rendah di Australia bagian utara. Kondisi ini, kata dia dapat membentuk pola pertemuan massa udara dan belokan angin di wilayah selatan Indonesia.

"Terutama di sekitar Laut Jawa bagian barat dan perairan selatan Banten dan Jawa Barat yang dapat memengaruhi pembentukan awan hujan di wilayah Jabodetabek," ujar Guswanto dikutip dari akun Instagram @infobmkg, Kamis (13/1/2022).

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: