BPBD Imbau Masyarakat Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Jakarta

Antara ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 11:33 WIB
BPBD Imbau Masyarakat Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Jakarta

Ilustrasi nelayan. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta meminta masyarakat waspada terhadap potensi gelombang tinggi di laut Jawa bagian barat, Selasa (14/1/2020). Termasuk di perairan Jakarta.

Imbauan itu disampaikan BPBD berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang menyebut kecepatan angin di perairan Jakarta mencapai 10-20 knots. Angin diperkirakan bertiup dari arah barat serta barat laut. Kecepatan angin tersebut bisa menimbulkan gelombang tinggi satu sampai 1,5 meter.

BPBD juga mendata potensi gelombang tinggi yang akan memengaruhi sejumlah pelabuhan di Jakarta. Mereka memperkirakan gelombang laut di Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Sunda kelapa, Pelabuhan Marunda, pelabuhan Kalibaru, Pelabuhan Kali Adem-Muara Angke, dan PPS Nizam Zachman Muara Baru rata-rata antara 0,5 sampai 1,25 meter.

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca Hari Ini: Jakarta Berpotensi Hujan Petir dan Angin Kencang

BACA JUGA: Gelombang Tinggi di Laut Jawa, BMKG Imbau Nelayan Waspada

"Kecepatan angin di pelabuhan-pelabuhan itu diperkirakan mencapai 5-15 knots bergerak dari barat daya serta barat dengan jarak pandang lima kilometer," kata BPBD Jakarta melalui keterangan tertulis.

BMKG memperkirakan seluruh pelabuhan di Jakarta akan diguyur hujan ringan hari ini. Sementara gelombang di perairan Laut Jawa bagian barat diperkirakan mencapai 1,25-2,5 meter dengan kecepatan angin 10-20 knots dari barat ke utara. BPBD mengimbau nelayan dan masyarakat yang beraktivitas di laut atau pesisir mewaspadai potensi tersebut.

Sebelumnya BMKG memperkirakan wilayah Jakarta Timur, Jakarta Pusat, dan Jakarta Selatan akan diguyur hujan disertai kilat dan angin kencang pada 14-15 Januari 2020. Potensi tersebut diperkirakan terjadi dalam waktu singkat dari siang, sore sampai malam hari.


Editor : Rizal Bomantama