Cerita Miris Siswi di Tangsel Hidup di Bedeng Tanpa Listrik dan Sulit Air

hambali ยท Senin, 26 September 2022 - 17:28:00 WIB
Cerita Miris Siswi di Tangsel Hidup di Bedeng Tanpa Listrik dan Sulit Air
Siswi di Tangerang Selatan hidup dalam kondisi tidak layak (Foto: Hambali)

TANGERANG SELATAN, iNews.id - Siswi di Tangerang Selatan, KDL (15) kesulitan belajar karena terkendala fasilitas minim di rumahnya. Dia menempuh pendidikan kelas IX di SMP Negeri 11 Rawa Buntu.

KDL merupakan anak bungsu dari 4 bersaudara. Nasibnya sedikit lebih baik ketimbang ketiga kakaknya yang tak merasakan pendidikan sekolah.

Bedeng yang ditinggali itu terletak di sisi dinding pembatas milik salah satu pengembang, persis di bawah sebuah pohon besar. Bangunannya dibuat tambal sulam dengan bekas papan, kayu, seng, dan bambu yang tak terpakai. 

Lebih memilukannya lagi, bedeng itu tak memiliki akses jaringan listrik dan air sumur. KDL kerap mengeluhkan rasa sakit pada bagian mata akibat belajar hanya diterangi lilin atau sinar lampu handphone. Jika malam tiba, suasana rumah dan sekelilingnya praktis gelap gulita.

Guna memenuhi kebutuhan air untuk mandi, mencuci, dan memasak, keluarga ini harus turun ke sumber air yang berada di sudut perumahan di balik tembok pembatas. Jaraknya lumayan jauh sekira 200-300 meter dengan jalan menurun tajam. Air itu ditempatkan dalam ember atau galon, lalu dipanggul ke dalam bedeng.

Sementara itu, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangsel mengecek data keluarga siswi tersebut sudah apakah sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Nanti akan saya cek ke data DTKS. Nanti akan dapat bantuan sosial dari pemerintah, termasuk juga kan ada bantuan dari pusat, provinsi, dan juga Tangsel juga. Siapa tahu sudah masuk DTKS," kata Kepala Dinsos Tangsel, Apendi, usai mengunjungi kediaman keluarga KDL di Kampung Ciater, Rawa Mekar Jaya, Serpong, Senin (26/09/22).

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda