Dari Medellin Anies ke Washington DC, Pemprov DKI Sebut Biar Hemat Anggaran

Wildan Catra Mulia ยท Sabtu, 13 Juli 2019 - 08:30 WIB
Dari Medellin Anies ke Washington DC, Pemprov DKI Sebut Biar Hemat Anggaran

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia).

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ternyata tak langsung pulang ke Indonesia seusai menghadiri acara World Cities Summit Mayors Forum di Medellin, Kolombia. Anies terbang menuju Washington DC, Amerika Serikat (AS).

Pemprov DKI Jakarta menyatakan, di Washington Anies akan menjadi pembicara dalam pertemuan United States-Indonesia Society (Usindo) Luncheon yang akan diselenggarakan pada Senin (15/7/2019).

Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDH-KLN) DKI Jakarta Mawardi mengatakan, kehadiran Anies di forum tersebut untuk memenuhi undangan yang telah diberikan. Dalam undangannya, Usindo menyebutkan bahwa Anies dapat datang kapan saja.

Mengingat ada acara di Kolombia, yang rute perjalanannya dari Jakarta juga singgah di AS, Anies akhirnya akan menghadiri acara tersebut.

BACA JUGA: Gaya Anies Siaran di Radio La FM Medellin Kolombia

"Kalau yang ke Medellin, sudah lama (agenda) itu. Kalau yang Washington memang dirangkaikan supaya lebih efektif. Sekali jalan agar bermanfaat bagi penghematan anggaran. Jadi ada undangan, akhirnya digabungkan di situ," kata Mawardi dihubungi, Sabtu (13/7/2019).

Seperti diketahui, Anies menghadiri acara World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) ke-10 di Plaza Mayor Medellin Conventions and Exhibitions, Kolombia hingga 12 Juli 2019. Tidak hanya menjadi pembicara, Anies juga melakukan pertemuan bilateral dengan Wali Kota Medellin Federico Gutierrez.

Dalam keterangan pers Pemprov DKI Jakarta Kamis lalu, Anies beberapa kali menjadi pembicara di forum panel Usindo. Salah satunya ketika dia berstatus mahasiswa S3 di Illinois pada 2001 silam.

Usindo merupakan satu-satunya organisasi non-pemerintah yang secara eksklusif didedikasikan untuk meningkatkan pemahaman AS tentang Indonesia, pengertian Indonesia tentang AS, dan memperkuat hubungan di antara kedua negara dan penduduknya.


Editor : Zen Teguh