Diduga Langgar Kampanye, Caleg PDIP Mangkir Pemeriksaan Bawaslu Jakbar

Antara ยท Sabtu, 09 Maret 2019 - 07:04 WIB
Diduga Langgar Kampanye, Caleg PDIP Mangkir Pemeriksaan Bawaslu Jakbar

Calon anggota legislatif (caleg) DPR dari PDIP, Darmadi Durianto. (Foto: silonpemilu.kpu.go.id)

JAKARTA, iNews.id – Calon anggota legislatif (caleg) DPR dari PDIP, Darmadi Durianto, mangkir dari panggilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Barat untuk mengklarifikasi dugaan kampanye terselubung. Kampanye terselubung itu diduga dilakukan Darmadi di Festival Cap Go Meh 2019 di Krendang, Tambora, Jakarta Barat, Minggu (24/2/2019).

Koordinator Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu Jakarta Barat, Abdul Roup mengatakan, pihaknya belum mendapat keterangan resmi terkait ketidakhadiran Darmadi yang saat ini masih menjabat anggota Komisi XI DPR. “Kami belum dapat keterangan resmi. Namun menurut timnya, beliau (Darmadi) ada acara di tempat lain,” kata Roup di Kantor Bawaslu Jakarta Barat, Jumat (8/3/2019).

Ketua Tim Relawan Darmadi Durianto, Harianto, yang hadir untuk memberikan keterangan mengatakan, Darmadi tidak bisa hadir karena kunjungan kerja dalam kapasitasnya sebagai anggota DPR. “Dia (Darmadi) ada kunjungan kerja di tempat lain,” ujar Harianto.

Dalam pemeriksaan tersebut, Harianto dicecar dengan 20 pertanyaan dari Bawaslu Jakabar terkait kegiatan di Festival Cap Go Meh di Krendang. Kepada Bawaslu, Harianto membantah adanya kampanye terselubung itu. Pemanggilan terhadap Darmadi berikutnya dijadwalkan pada Senin (11/3/2019) nanti. Roup mengatakan, pihaknya ingin Darmadi bisa hadir pada hari itu.

“Kami ingin dia hadir. Tidak bisa diwakilkan. Sebab, ada banyak informasi yang ingin kami korek dari yang bersangkutan,” kata Roup.


Editor : Ahmad Islamy Jamil