Ditanya soal Penggusuran Rumah di Bantaran Kali, Begini Jawaban Anies

Wildan Catra Mulia ยท Rabu, 23 Januari 2019 - 23:09 WIB
Ditanya soal Penggusuran Rumah di Bantaran Kali, Begini Jawaban Anies

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menilai banyaknya rumah warga yang berada di bantaran sungai yang perlu ditata dengan baik. Meski begitu, menurut dia, penggusuran bukanlah hal jawaban dari penataan kawasan bantaran sungai.

"Itu bukan menata rumah saja. Harus tata kawasan karena bukan hanya itu. Itukan menghalangi, itu kalau kalinya diikuti terus itu nanti hilang kalinya," katanya di Gedung Teknis, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat. Rabu (23/1/2018).

BACA JUGA: Anies Targetkan Pajak DKI 2019 Rp44,18 Triliun

Anies menyebut, rumah-rumah yang tersebut bukanlah berada di bantaran tetapi tepat berada di atas sungai. Dia pun melakukan penulusan.

Awalnya rumah-rumah tersebut berada di bantaran, kemudian warga membuat jembatan untuk memasuki rumahnya dari seberang sungai dan meluas hingga rumah tersebut memiliki tempat parkir bagi kendaraan.

"Lalu jembatannya diperluas. Lalu dipakai untuk tempat parkir. Setelah itu berubah jadi ruangan, lalu berubah jadi rumah. Jadi fasenya itu panjang. Tapi kita membereskannya itu jangan cuma 1, 2 titik," ujar Anies.

Mengenai penataan kawasan tersebut dengan penggusuran, dia mengaku, bisa saja dilakukan. Meski semua kemungkinan bisa dilakukan, namun Pemprov DKI Jakarta akan melakukan pendekatan terhadap warga yang berada di bantaran kali.

"Semua ada (opsi), semua opsi yang diizinkan secara hukum itu bisa dilakukan oleh pemerintah," kata Anies.


Editor : Djibril Muhammad