DKI Raih Penghargaan Daerah yang Berhasil Turunkan Jumlah Anak Jalanan

Wildan Catra Mulia ยท Kamis, 29 November 2018 - 13:06 WIB
DKI Raih Penghargaan Daerah yang Berhasil Turunkan Jumlah Anak Jalanan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima penghargaan dari Kementerian Sosial (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meraih penghargaan sebagai daerah yang berhasil menurunkan jumlah anak jalanan (anjal). Penghargaan diberikan Kementerian Sosial (Kemensos) dalam acara Jambore Ceria Anak Indonesia di parkiran Gedung Sate, Bandung, Rabu (28/11/2018).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi dan bersyukur atas capaian tersebut. Menurut Anies, anak jalanan merupakan bagian dari anak bangsa dan menjadi tanggung jawab pemerintah untuk menyiapkan masa depan yang lebih baik lagi.

“Anak jalanan adalah anak kita. Bagian dari anak bangsa dan menjadi tanggung jawab pemerintah untuk memfasilitasi dan menyiapkan masa depan yang lebih baik lagi, seperti diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar kita,” kata Anies lewat akun Instagram @Aniesbaswedan, Kamis (29/11/2018).

Menurut dia, Pemprov DKI akan terus berupaya mengurangi jumlah anak jalanan dan fokus memberikan pembinaan bagi anak jalanan yang terdata.

“Saat ini telah kami identifikasi 276 tempat-tempat rawan anjal. Lalu kami lakukan program pembinaan melalui Dinas Sosial. Bahkan, sampai mereka usia 18 masih dilakukan pembinaan. Jadi menurunkan bukan dengan cara memindahkan atau mengusir mereka, tapi membina mereka bisa belajar dengan baik, bisa hidup mandiri,” tutur Anies.

BACA JUGA: Pemprov DKI Raih Penghargaan Penyelenggara Pelayanan Publik Terbaik

DKI menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia yang menerima penghargaan Kemensos. Penerima penghargaan lain ada Kota Bandung, Kota Surabaya, Kota Yogyakarta, Kota Serang, Kota Semarang, Kota Mataram, Kota Padang, Kota Bandar Lampung, dan Kota Kupang.

“Penghargaan ini menandai sikap keberpihakan dan komitmen yang kini dilaksanakan oleh Pemprov DKI. Semoga ikhtiar kita membantu anak-anak jalanan ini membuahkan hasil,” ucap Anies.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto