Dorong ASN Naik Angkutan Umum, Anies Cabut Subsidi Parkir di Monas

Wildan Catra Mulia ยท Jumat, 07 Desember 2018 - 18:33 WIB
Dorong ASN Naik Angkutan Umum, Anies Cabut Subsidi Parkir di Monas

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mencabut subsidi parkir kendaraan pribadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov DKI. Kebijakan itu dilakukan untuk menekan volume penggunaan kendaraan pribadi dan mendorong ASN menggunakan transportasi umum.

Anies mengatakan, subsidi tarif parkir kendaraan pribadi ASN yang akan dicabut dimulai dari parkiran IRTI, Monas. Menurut dia, PNS yang biasa bekerja di lingkungan Jalan Medan Merdeka kerap menggunakan kendaraan pribadi karena biaya member parkir IRTI Monas hanya Rp68.000 per bulan.

“Parkir IRTI, besok tidak ada lagi harga murah untuk pegawai pemprov. Saya lupa angkanya, kalau tidak salah Rp68.000 per bulan, ya semuanya naik mobil. Rp68.000 parkir di Monas, coba itu logika yang salah,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Jumat (7/12/2018).

BACA JUGA: DKI Kaji Naikkan Tarif Parkir Mobil Rp69.000 per Jam, Motor Rp54.000

Dia kembali menegaskan, kebijakan itu untuk mendorong ASN menjadi contoh masyarakat untuk menggunakan transportasi massal untuk bekerja.

“Ketika kita ingin lebih banyak orang naik kendaraan umum, maka kendaraan umumnya dibuat murah, parkir kendaraan pribadi jadi mahal. Itu logisnya begitu,” ujar dia.

Menurut Anies, kebijakan memberikan subsidi parkir kepada ASN merupakan kebijakan yang salah sejak lama, tetapi masih terus dipertahankan. Ke depan, Anies ingin Pemprov DKI memberikan subsidi kepada pegawai berbentuk potongan biaya saat menggunakan transportasi massal.

“Yang pasti bagi pegawai pemprov DKI tidak subsidi dalam bentuk parkir murah, adanya subsidi dalam bentuk trasportasi umum,” ujar Anies.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto