DPR Ingatkan Insentif Tenaga Kesehatan Covid-19 Segera Dibayar

Kiswondari ยท Jumat, 26 Maret 2021 - 18:34:00 WIB
DPR Ingatkan Insentif Tenaga Kesehatan Covid-19 Segera Dibayar
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - DPR menekankan agar peristiwa tunggakan pembayaran insentif tenaga kesehatan (Nakes) tidak terulang kembali. Menurut dia, hal ini penting untuk menjaga semangat para Nakes sebagai garda terdepan dalam penanganan wabah Virus Covid-19.

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin menekankan, proses adminstrasi yang berbelit-belit sudah seharusnya dipangkas termasuk audit yang memakan waktu relatif panjang.  

"Kami sangat berharap insentif nakes diprioritaskan. Jangan ada lagi alasan administrasi sehingga prosesnya lama. Tolong jangan sampai telat. Insentif yang diberikan merupakan apresiasi terhadap kerja keras nakes," kata Azis dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/3/2021).

Mantan Ketua Komisi III DPR itu meminta pemerintah lebih lunak dan mempermudah proses administrasi dana insentif naskes ini, khususnya dalam proses audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Dia berharap dana insentif sebesar Rp3,39 triliun cepat sampai pada yang berhak menerima. 

"Koordinasi ini di bawah Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Lakukan komunikasi dengan pemerintah daerah (Pemda), dinas kesehatan (Dinkes), dan rumah sakit untuk mempercepat proses penyaluran insentif," ujarnya.

Politikus Golkar itu juga meminta Menteri Kesehatan untuk dapat memastikan penyaluran insentif tepat sasaran dan mengawasi penyaluran insentif yang dilakukan oleh pemda dan dinkes, sehingga tidak ada pemotongan sepihak dari insentif nakes. "Jangan sampai ada pemotongan. Tolong ini menjadi peringatan, agar kasus-kasus serupa tidak terjadi. Hormati hak rekan-rekan nakes," tutur dia menegaskan.

Ke depan, kata dia, DPR meminta proses audit juga dapat tuntas sehingga tidak terjadi keterlambatan seperti ini. Dia juga  berharap skema insentif pada tahun 2021 dirubah regulasi agar birokrasi tidak terlalu panjang.

"Hemat saya,  lakukan rekonsiliasi lagi dengan berbagai macam aturan. Dan ke depan perlu pula menerapkan insentif dengan pola gradasi. Khsusnya nakes yang langsung bersentuhan dengan pasien Covid-19," kata Azis.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2