Ganjil Genap Berlaku, Layanan MRT Diperpanjang hingga Pukul 22.00 WIB

Bima Setiyadi, Sindonews ยท Minggu, 02 Agustus 2020 - 15:00 WIB
Ganjil Genap Berlaku, Layanan MRT Diperpanjang hingga Pukul 22.00 WIB

Layanan MRT Jakarta diperpanjang hingga pukul 22.00 WIB pada Senin (3/8/2020) besok seiring pemberlakuan kembali ganjil genap. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.idPT MRT Jakarta akan mengubah jadwal operasional untuk menyesuaikan berlakukan kembali sistem ganjil genap pada Senin (3/8/2020 besok. Layanan moda transportasi massal MRT akan diperpanjang hingga pukul 22.00 WIB.

Direktur Operasional dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta Muhammad Effendi mengatakan, perubahan kebijakan jadwal operasional ini dilakukan sebagai dukungan kebijakan Pemprov DKI Jakarta. Kendati demikian, dia memastikan protokol kesehatan akan tetap diterapkan secara ketat.

“Sehingga MRT Jakarta dapat menjadi alternatif pilihan masyarakat dalam bermobilisasi dan pengguna dapat merasa aman dan nyaman dalam menggunakan transportasi publik,”ujarnya, Minggu (2/8/2020).

Sehubungan dengan hal tersebut, kebijakan layanan operasi MRT Jakarta berubah. Jam operasional weekdays (hari kerja) menjadi pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB dan weekend (akhir pekan) pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB.

Jarak antar kereta (headway) yaitu pada hari kerja tiap 5 menit untuk jam sibuk (07.00 WIB – 09.00 WIB dan 17.00 WIB – 19.00 WIB). Tiap 10 menit untuk jam nonsibuk. Untuk weekend tiap 20 menit.

Selain itu, MRT juga menerapkan pembatasan jumlah penumpang 62-67 orang per kereta (gerbong) atau 390 orang per rangkaian kereta. Sebelumnya, MRT beroperasi paling malam pukul 21.00 WIB.

"PT MRT Jakarta senantiasa mengajak kembali masyarakat untuk menggunakan transportasi publik dalam kegiatan sehari-hari," ucapnya.

PT MRT Jakarta telah menerapkan protokol kesehatan seperti pemeriksaan suhu tubuh, mewajibkan pemakaian masker bagi pengguna sebagai upaya untuk mencegah potensi penularan Covid-19. MRT Jakarta juga selalu mengedukasi pengguna untuk selalu menjaga jarak, rajin mencuci tangan, serta tidak berbicara, baik satu atau dua arah, selama di dalam kereta dan area peron stasiun.

MRT juga senantiasa membersihkan dan melakukan disinfeksi secara rutin dan menyeluruh fasilitas stasiun dan kereta Ratangga sehingga masyarakat dapat merasa aman dan nyaman dalam menggunakan transportasi publik.

Editor : Zen Teguh