Gedung SD di Pamulang Roboh Ditabrak Truk Proyek Tol Serpong-Cinere

Sukron ยท Senin, 14 Januari 2019 - 18:38 WIB
Gedung SD di Pamulang Roboh Ditabrak Truk Proyek Tol Serpong-Cinere

Gedung Sekolah Dasar (SD) Negeri Bambu Apus 01 Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ditabrak truk pengangkut tanah proyek pembangunan Tol Serpong-Cinere. (Foto: iNews)

TANGERANG SELATAN, iNews.id – Gedung Sekolah Dasar (SD) Negeri Bambu Apus 01 Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ditabrak truk pengangkut tanah proyek pembangunan Tol Serpong-Cinere. Kerugian materiel kerusakan sekolah diperkirakan mencapai ratusan juta.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdik Tangsel) Taryono mengatakan, dari laporan yang diterimanya, kejadian Minggu (13/1/2019) malam, sekitar pukul 23.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Truk proyek jalan tol tergelincir menabrak sekolah. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa karena terjadi malam hari. Anak-anak tidak ada kegiatan belajar mengajar,” kata Taryono di lokasi, Senin (14/1/2019).

Menurut dia, dua ruangan rusak parah akibat ditabarak truk pengangkut tanah tersebut, yakni ruang kelas V dan lab komputer. Selain konstruksi bangunan, seluruh isi ruangan juga mengalami kerusakan lantaran tertimbun tanah.

“Satu ruang kelas dan satu lab rusak. Seluruh bangku, meja dan komputer rusak. Kita fokus kegiatan belajar mengajar tidak terganggu, Alhamdulillah karena ada kelas lain,” ujar dia.

BACA JUGA: KPK Ungkap LHKPN DPRD Jakarta Terendah, Anggota Dewan Mengaku Sibuk

Menurut dia, saat ini pihak sekolah tengah menginventarisir jumlah kerusakan. Selanjutnya, dinas akan berkoordinasi dengan pengembang proyek tol untuk meminta ganti rugi.

“Bagaimana solusi untuk penanganan kerusakanan. Kita baru koordinasi, kita akan melakukan klaim baik bangunannya maupun isi sekolah yang rusak,” tutur Taryono.

Dari informasi, kejadian bermula saat dump truck nopol B 9788 KYM bermuatan tanah urukan Tol Serpong Cinere melintas di jalan sebelah SD Bambu Apus 01. Truk tidak kuat menanjak di jalan dekat sekolah atau kompleks perumahan Merida Kedaung.

Truk mundur menabrak pagar dan tembok sekolah. Truk kemudian terbalik dan menimbun dua ruangan kelas SDN Bambu Apus 01, Pamulang.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto