Hadapi Natal dan Tahun Baru, Pemkot Bogor Perketat Prokes di Tempat Wisata

Putra Ramadhani Astyawan ยท Kamis, 25 November 2021 - 21:31:00 WIB
Hadapi Natal dan Tahun Baru, Pemkot Bogor Perketat Prokes di Tempat Wisata
Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan prokes di tempat wisata akan diperketat jelang Natal dan Tahun Baru. (Foto: MPI/Putra Ramadhani Astyawan)

BOGOR, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat tengah mempersiapkan langkah-langkah mencegah lonjakan kasus Covid-19 di masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Salah satunya dengan penguatan protokol kesehatan (prokes) di tempat wisata dan lokasi-lokasi rawan lainnya.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan sejauh ini memang angka kasus Covid-19 di wilayahnya masih landai. Tetapi, angka itu jangan sampai membuat lengah pengawasan.

"Hari ini angka Covid-19 di Kota Bogor sangat landai. Tetapi kita ingin agar sistem kita ini siap. Pak Jokowi telah mengingatkan agar kita semua tidak lengah. Karena itu memasuki fase-fase penting ini kami satgas melakukan beberapa langkah pesan kami kepada warga untuk perhatikan kebijakan pemkot akan ada serangkaian kebijakan untuk mengurangi kemungkinan kerumunan, kemungkinan terjadi lonjakan," kata Bima di Bogor, Kamis (25/11/2021).

Bima menyebut Pemkot tidak melarang warga luar Kota Bogor untuk berkunjung. Dengan catatan, mematuhi aturan seperti wajib sudah vaksin.

"Pesan kami ikuti terus dari Pemkot akan ada langkah-langkah kita di akhir minggu yang harus diperhatikan. Jadi kalau mau ke Bogor silakan, tapi ikuti aturan kita. Yang akan kita berlakukan adalah memastikan kawasan wisata semua hanya dimasuki oleh orang yang sudah divaksin," tutur Bima.

Sementara itu, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menerangkan aturan yang diterapkan salah satunya kawasan wajib vaksin. Terutama di tempat-tempat wisata dan seputaran Sistem Satu Arah (SSA) atau Kebun Raya Bogor.

"Tanggal 27 November 2021, kami akan mulai memberlakukan kawasan wisata wajib vaksin dengan target daerah di seputaran SSA dan sekitarnya. Artinya baik Kebun Raya, pedestrian SSA, semua masyarakat yang memanfaatkan akhir pekan di SSA," ucap Susatyo.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: