Hendak Beli Motor Lewat Internet, Pria di Jakpus Temukan Motor yang Dicuri Seminggu Lalu

Komaruddin Bagja Arjawinangun ยท Kamis, 24 September 2020 - 11:34 WIB
Hendak Beli Motor Lewat Internet, Pria di Jakpus Temukan Motor yang Dicuri Seminggu Lalu

Motor milik Muchlis yang sempat Dicuri (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Muchlis tak menyangka akan menemukan kembali motor yang hilang akibat dicuri pada 15 September 2020. Dia menemukan motor itu saat melakukan jual beli online.

Muchlis mencari motor dengan tipe serupa untuk dibelinya lewat toko online dengan sistem pembayaran Cash On Delivery (COD) atau bayar di tempat. Muchlis pun janjian dengan penjual motor tersebut di Jalan Kampung Rawa Tengah, Jakarta Pusat.

Saat dia sedang memeriksa motor yang hendak dibeli, ternyata itu adalah motornya yang hilang dicuri. Muchlis pun langsung melaporkan kejadian itu ke polisi.

"Awalnya korban hendak bertransaksi COD lewat toko online membeli motor dengan tipe sama. Pas dilihat langsung, itu motor milik korban yang hilang. Dari situ akhirnya dia membuat laporan ke Polsek Johar Baru," kata Kapolsek Johar Baru Kompol Supriadi kepada wartawan, Kamis (24/9/2020).

Dari laporan korban, tim penyelidik yang diketuai Kanit Reskrim Polsek Johar Baru Iptu Suprayogo awalnya menangkap penjual motor berinisial SS yang ditemui korban di Jalan Kampung Rawa. "Rupanya SS ternyata mendapatkan motor milik korban dari TS. Dia berperan sebagai penadah. Dari situ kami kembangkan dan kami melakukan pencarian, dan ditangkaplah TS di kosannya," ujar Supriadi.

Penangkapan TS pun segera dilakukan setelah polisi mengantongi identitas pelaku pencurian motor di kawasan Johar Baru. TS pun akhirnya berhasil diringkus dan sudah mendekam di ruang tahanan Polsek Johar Baru.

Atas perbuatannya TS djerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan penjara hingga lima tahun.

"Pelaku dan barang bukti berupa sepeda motor hasil curian berwarna merah hitam itu diamankan di Polsek Johar Baru untuk penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut," kata Supriadi.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq