Hujan Ekstrem Diprediksi Guyur Jakarta, Wagub Minta Warga Waspada

Antara · Jumat, 19 Februari 2021 - 03:15:00 WIB
Hujan Ekstrem Diprediksi Guyur Jakarta, Wagub Minta Warga Waspada
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Badan Geologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini terjadinya hujan ekstrem yang berlangsung pada 18-19 Februari 2021 di Jakarta. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) meminta semua warga waspada.

"Masyarakat kami minta siap siaga, aparat siap siaga, kami juga sama-sama mempersiapkan," kata Ariza, Kamis (18/2/2021).

Dia menyebut sumber banjir DKI Jakarta ada tiga seperti rob, Bendung Katulampa Bogor atau hujan lokal. Politikus Gerindra ini meminta antisipasi sedini mungkin.

"Mudah-mudahan tahun ini tidak terjadi banjir seperti tahun sebelumnya," ujarnya.

Sebelumnya, BMKG mendapat hasil pemantauan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menggunakan Satellite-based Disaster Early Warning System (Sadewa), menunjukkan hujan ekstrem mulai terjadi di kawasan Jakarta sejak pukul 23.00 WIB.

Sadewa merupakan produk litbang LAPAN berupa aplikasi sistem peringatan dini atmosfer ekstrem berbasis satelit dan model atmosfer, yang dikembangkan untuk mendukung riset atmosfer maupun aplikasinya oleh badan operasional terkait.

Intensitas hujan semakin meningkat dan jangkauan wilayah yang meluas serta memanjang hingga meliputi Bekasi, Depok, Tangerang, bahkan hingga Karawang.

Erma Yulihastin, Peneliti Sains Atmosfer dari Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer LAPAN, mengatakan hujan ekstrem tersebut diprediksi mencapai intensitas maksimum pada pukul 05.00 WIB.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2