Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Kota Bogor, 47 Rumah Warga Rusak

Antara ยท Sabtu, 12 Januari 2019 - 21:21 WIB
Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Kota Bogor, 47 Rumah Warga Rusak

Ilustrasi hujan deras disertai angin kencang (Foto: DOK)

JAKARTA, iNews.id - Hujan lebat disertai angin kencang dan petir melanda Kota Bogor, Sabtu (12/1/2019) petang. Akibatnya, sejumlah pohon tumbang dan atap rumah warga terbang.

Laporan yang diterima Polres Kota Bogor menyebutkan, hujan ekstrem disertai angin kencang melanda wilayah Kecamatan Tanah Sareal dan Bogor Barat sejak Sabtu petang. Tercatat ada delapan rumah warga di Kelurahan Sukadami, Tanah Sareal yang atap rumahnya rusak lantaran terhempas angin. Selain itu, sekitar 39 rumah warga di di Kelurahan Loji, Bogor Barat juga rusak di bagian atap.

“Laporan dari tiap-tiap Polsek tidak ada korban jiwa, hujan ekstrem disertai angin kencang merusak atap rumah warga, dan fasilitas umum seperti masjid," kata Kasubag Humas Polresta Bogor Kota, AKP Yuni Astuti, Sabtu (12/1/2019).

Menurut dia, delapan rumah warga yang rusak atapnya karena ditiup angin berlokasi di RT 03 RW VI Sukadami, Tanah Sareal. Sedangkan kerusakan cukup banyak terjadi di Kelurahan Loji, Bogor Barat. Ada tiga RW yang terdampak yakni RW V ada 16 rumah, RW VI ada 15 rumah, dan RW XII ada delapan rumah.

“Pada umumnya atap rumah warga mengalami kerusakan sedang hingga ringan. Satu fasilitas umum Masjid Al Falak mengalami kerusakan pada kanopi lantai atas ukuran enam kali enam meter,” ujar Yuni.

BACA JUGA: Rebut Suara Pemilih, Ma'ruf Amin Resmikan Posko Pemenangan di Depok

Sementara itu, Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor menginformasikan kejadian pohon tumbang di wilayah Sindang Barang Loji, RT 02 RW I Bogor Barat. Pohon tumbang jenis trembesi dengan tinggi 20 centimeter (cm) dan diameter 20 cm. 


Pohon yang tumbang menimpa rumah milik Rendy yang dihuni satu kepala keluarga dengan tiga orang jiwa. Dalam peristiwa tersebut, penghuni rumah dilaporkan mengalami cedera ringan akibat tertimpa reruntuhan rumah yang ambruk.

Pohon tumbang lainnya terjadi di lokasi yang sama, jenis pohon kelapa dengan tinggi 20 cm dan diameter 30 cm menimpa rumah warga milik Mardani yang dihuni satu kepala keluarga enam orang jiwa. Tidak ada korban jiwa atas peristiwa tersebut.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto