Jakarta Umumkan Hasil Simulasi Sepeda Masuk Tol pada 9 September 2020

Bima Setiyadi, Sindonews ยท Senin, 07 September 2020 - 12:47:00 WIB
Jakarta Umumkan Hasil Simulasi Sepeda Masuk Tol pada 9 September 2020
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota Jakarta, Kamis (14/11/2019). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia).

JAKARTA, iNews.id - Pemprov Jakarta melanjutkan kajian rencana penerapan satu lajur tol untuk jalur sepeda meski menuai sejumlah protes. Bahkan Pemprov Jakarta telah menggelar simulasi melalui software transportasi.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan hasil simulasi akan disampaikan Rabu (9/9/2020) mendatang. Namun dia tidak menjelaskan detail jalannya simulasi.

"Mudah-mudahan hari Rabu (9/9/2020) hasil simulasi bisa kami paparkan kepada stakeholder yang ada," kata Syafrin di Jakarta, Senin (7/9/2020).

Syafrin menjelaskan rencana itu berangkat dari meningkatnya animo masyarakat Jakarta menggunakan sepeda dalam berbagai aktivitas. Usulan itu sudah disampaikan ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Nantinya ruas tol yang akan disediakan lajur sepeda yakni Tol Lingkar Dalam Jakarta (Cawang-Tanjung Priok) sisi barat. Menurutnya lajur sepeda dalam tol itu khusus dibuka setiap hari Minggu pagi untuk sepeda balap atau road bike.

"Kami terus lakukan kajian untuk mematangkan rencana itu," ucapnya.

Sebelumnya masyarakat hingga pengamat ikut mengkritisi kebijakan tersebut. Salah satunya datang dari Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI).

"Kami di ISSI bingung dengan rencana itu. Kalau misalnya jalan tol ditutup sama sekali tidak ada kendaraan bermotor hanya sepeda, itu bagus banget. Kalau hanya satu ruas dan dibatasi pakai traffic cone gitu sama saja pembunuhan massal," kata Toto Ame kepada wartawan di Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Editor : Rizal Bomantama