Jelang Musim Hujan, Pemprov Jakarta Prioritaskan Beli Pompa dan Bebaskan Lahan

Bima Setiyadi ยท Minggu, 09 Agustus 2020 - 13:03 WIB
Jelang Musim Hujan, Pemprov Jakarta Prioritaskan Beli Pompa dan Bebaskan Lahan

Pengendara melintasi banjir yang menggenangi Jalan Dr Sutomo di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020). (Foto: Antara/Fanny Octavianus)

JAKARTA, iNews.id - Pemprov Jakarta mulai bergerak mengantisipasi datangnya musim hujan di penghujung tahun 2020. Antara lain dengan memprioritaskan belanja pompa air dan pembebasan lahan.

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Juaini Yusuf mengatakan untuk mencegah terjadinya banjir di ibu kota pada akhir tahun pihaknya mendapat kucuran dana mencapai Rp5 triliun. Dana itu merupakan bagian dari pinjaman Rp12,5 triliun Pemprov Jakarta dari pemerintah pusat.

Juaini mengatakan anggaran tersebut dikucurkan bertahap hingga 2022. Tahun ini sekitar Rp1 triliun akan digunakan untuk membebaskan lahan dan pembelian pompa mobile.

"Tahun ini ada pembebasan lahan di Kali Pesanggrahan, Ciliwung, Angke, Sunter sekitar Rp800 miliar. Sisanya akan digunakan untuk membeli pompa mobile," kata Juaini saat dihubungi di Jakarta, Minggu (9/8/2020).

Juaini menjelaskan, sedikitnya akan ada 19 unit pompa mobile yang dibeli tahun ini. Sebanyak 10 unit untuk dinas dan sembilan sisanya untuk wilayah Jakarta Utara dan Timur. Dia berharap pembebasan lahan dan pembelian pompa mobile yang dilakukan tahun ini dapat mengurangi banjir di ibu kota. Dia memastikan program pengendalian banjir rutin seperti pengerukan dan normalisasi waduk tetap dilakukan.

"Total pinjaman dana Rp5 triliun itu akan digunakan untuk pembangunan polder, perbaikan dan pembelian pompa, pembebasan lahan dan pembuatan waduk, sumur resapan, peningkatan kapasitas kali, sungai serta saluran. Termasuk pembangunan tanggul pengaman pantai," ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama