Jelang New Normal, 12.000 Guru di Bekasi Akan Tes Covid-19

Abdullah M Surjaya, Sindonews ยท Selasa, 02 Juni 2020 - 20:35 WIB
Jelang New Normal, 12.000 Guru di Bekasi Akan Tes Covid-19

Ilustrasi guru. (Foto: iNews/Iskandar Nasution).

BEKASI, iNews.id - Pemerintah Kota Bekasi akan menggelar tes covid-19 bagi 12.000 guru. Hal itu untuk memastikan lingkungan sekolah aman jelang dibuka di saat penerapan kehidupan normal baru atau new normal.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatullah mengatakan rencana itu merupakan bagian penerapan skema new normal. Kota Bekasi ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai wilayah contoh penerapan new normal karena memiliki angka penularan covid-19 0,71.

"Kami ingin memastikan guru yang mengajar nanti dalam kondisi sehat dan tidak terpapar covid-19," kata Inayatullah di Bekasi, Selasa (2/6/2020).

Sebanyak 12.000 guru di Bekasi tersebar di berbagai tingkatan mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA. Skema tes covid-19 masih dibahas antara Dinas Kesehatan Kota Bekasi bersama Tim Gugus Tugas Covid-19.

"Ini dilakukan supaya siswa-siswa tidak tertular covid-19," ucapnya.

Sebelumnya Kepwal Kota Nomor 420/Kep.346-Disdik/V/2020 tentang pelaksanaan protokol kesehatan di sekolah diterbitkan. Dalam keputusan wali kota itu guru-guru yang memiliki penyakit komorbid seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, paru, kanker, dan daya tahan tubuh lemah serta sedang hamil diminta tidak mengajar.

"Guru yang seperti itu akan diberikan opsi bekerja dari rumah dengan surat keterangan sehat. Sementara guru yang tinggal di zona merah disarankan bekerja di sekolah yang dekat dengan rumahnya. Skenario ini masih terus dimatangkan," ujarnya.

Editor : Rizal Bomantama