Jokowi: Rp571 T untuk 231 Km Jalur MRT Jabodetabek Dalam 10 Tahun

Wildan Catra Mulia ยท Minggu, 24 Maret 2019 - 19:36 WIB
Jokowi: Rp571 T untuk 231 Km Jalur MRT Jabodetabek Dalam 10 Tahun

Presiden Jokowi saat meresmikan MRT Jakarta di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3/2019). (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Fase I di Bunderan HI, Jakarta Pusat, Minggu pagi. Dia mengaku tak ada masalah terkait persiapan pembangunan kereta cepat Moda Raya Terpadu (MRT) fase II dengan rute Bunderan HI-Kota.

"Enggak ada masalah," ujar mantan wali kota Solo ini di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (24/3/2019).

BACA JUGA:

Ketua DPRD DKI: Harga Tarif MRT di Atas Rp10.000, di Bawah Rp16.000

Resmikan MRT Jakarta, Jokowi: Jangan Buang Sampah di Stasiun

Sejumlah Menteri dan Gubernur DKI Dampingi Jokowi Resmikan MRT Jakarta

Orang nomor satu di Indonesia ini juga berharap dalam 10 tahun, Indonesia bisa memperpanjang pembangunan MRT dengan jarak 231 kilometer (km). Bukti keseriusan itu terlihat dari pemerintah pusat yang menyiapkan anggaran mencapai Rp571 triliun.

"Kita harapkan dalam 10 tahun ada 231 kilometer MRT diselesaikan, dengan anggaran Rp571 (triliun) termasuk penataan ruang dan pemukiman serta masalah berkaitan dengan drainase dalam kota," tuturnya.

Presiden Jokowi saat meresmikan MRT Jakarta di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3/2019). (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)

Menurut dia, jarak 231 kilometer itu MRT bukan hanya menjangkau di dalam kota Jakarta, tetapi juga hingga ke wilayah di perbatasan Ibu Kota seperti Depok, Bogor dan Bekasi.

"Kita bicara jabodetabek, LRT, MRT terintegrasi," kata mantan gubernur DKI Jakarta ini.

Jokowi juga menuturkan Indonesia akan mencontoh negara yang sudah baik dalam mengintegrasikan transportasi massal. "Semua negara baik bisa kita jadikan contoh," tuturnya.


Editor : Djibril Muhammad